KBRI Gelar Pameran Budaya di Tokyo, Padukan Nuansa Bali dan Keindahan Bunga Sakura

KBRI Gelar Pameran Budaya di Tokyo, Padukan Nuansa Bali dan Keindahan Bunga Sakura
info gambar utama

Kedutaan Besar RI Tokyo menghadirkan nuansa Bali di Tokyo, Jepang dalam rangka promosi budaya dan pariwisata Pulau Dewata, pada Minggu (2/4/2023). Beragam produk kesenian Bali ditampilkan dalam acara yang digelar dengan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Bali ini.

Dilansir dari detik.com, acara tersebut dihadiri Gubernur Bali I Wayan Koster, sejumlah duta besar asing di Jepang, operator serta travel agent Jepang, dan undangan resmi lainnya yang jumlahnya mencapai 300 orang.

Adapun para tamu asing itu adalah duta besar Palestina, Bangladesh, Estonia, Mesir, Jamaika, Jamaika, Malaysia, Kamboja, Myanmar, Filipina, Thailand, Laos, dan Federasi Mikronesia.

Pameran Seni dan Budaya Bali ini merupakan bagian dari peringatan 65 tahun hubungan diplomatik dan persahabatan Indonesia dengan Jepang. Gubernur Bali I Wayan Koster berharap penyelenggaraan acara itu dapat membangkitkan kembali pariwisata Bali.

“Saya berharap semakin meningkatkan wisata jepang ke Bali. Sebelum pandemi ada 250.000 orang oertahun dan menjadi 10 besar kunjungan wisata itu ke Bali. Sekarang sudah mencapai 100.000,” ungkapnya, dilansir dari Antara.

I Gusti Jelantik, Riwayat Hidup dan Perjuangannya Melawan Belanda di Bali

Berbaur dengan pohon-pohon sakura

Kegiatan promosi budaya Bali tersebut dilaksanakan di Wisma Duta Tokyo, tepat di bawah pohon-pohon simbol negara Jepang, sakura, layaknya tradisi warga Jepang yang disebut hanami.

Sebagai informasi, hanami adalah kebiasaan masyarakat Jepang yang menggelar piknik atau kegiatan lainnya di bawah pohon sakura yang tengah bermekaran. Dengan begitu, atmosfer pameran seni budaya ini menjadi sangat berkesan.

Berbagai pertunjukan ditampilkan dalam acara ini, mulai dari tarian, gamelan Bali, peragaan busana yang memamerkan pakaian adat pernikahan dari berbagai daerah di Bali, hingga kain tenun endek yang dipadukan dengan busana khas jepang.

Sembari menikmati nuansa Bali, para tamu undangan juga diberikan jamuan berupa sajian ragam kuliner khas Bali. Hidangan khas yang tersaji, antara lain ayam betutu, jukut, cumi, ikan sambal matah, pepes tahu Bali, dan telor bumbu genep.

Setelah acara bernuansa Bali, KBRI Tokyo dikabarkan juga akan menggelar resepsi diplomatik bertema Batak. Kemudian selanjutnya, akan ada pula promosi seni budaya dari wilayah-wilayah lainnya di Indonesia melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah yang bersangkutan.

Tak Sekedar Banyak, Wisatawan Asing yang Datang ke Bali Juga Harus Berkualitas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini