Libur Lebaran 2023 Ciptakan Perputaran Ekonomi Sektor Parekraf Hingga Rp150 Triliun

Libur Lebaran 2023 Ciptakan Perputaran Ekonomi Sektor Parekraf Hingga Rp150 Triliun
info gambar utama

Pemerintah memperkirakan perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) selama masa mudik dan libur Lebaran 2023 akan mencapai Rp100–150 triliun. NIlai ini meningkat dua kali lipat dari libur lebaran tahun lalu.

Pemerintah menargetkan 25 persen atau 300–350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan tahun ini akan tercapai. Menurut data Kemenparekraf, sebanyak 123,8 juta wisatawan akan melakukan perjalanan saat libur lebaran.

Dalam siaran pers Kemenparekraf pada “The Weekly Brief with Sandi Uno”, Senin (3/4/2023), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap hal tersebut dapat membangkitkan ekonomi di daerah. Oleh karena itu, momentum mudik lebaran momentum mudik lebaran harus dimanfaatkan secara maksimal.

KEK Pariwisata Lido, Calon Destinasi Internasional Andalan Baru di Bogor

Mengantisipasi lonjakan wisatawan

Untuk mengantisipasi potensi lonjakan wisatawan saat libur lebaran, pemerintah akan berkoordinasi dengan perangkat daerah dan stakeholders terkait. Dalam hal ini, semua pihak diimbau memperhatikan aspek-aspek yang berkaitan dengan CHSE, terutama keselamatan dan kemanan.

Selain itu, Surat Imbauan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 2023 juga akan dikeluarkan kepada seluruh Dinas Pariwisata Provinsi di Indonesia untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata untuk menerapkan protokol keselamatan dan kesehatan yang baik.

“Pemerintah Daerah tentunya diharapkan membentuk satuan tugas yang melibatkan lintas OPD untuk mengawasi kawasan objek wisata dan aktivitas pengunjung,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sehubungan dengan ini, Dinas Pariwisata juga diimbau untuk memantau ke lapangan, melakukan monitoring dan evaluasi kesiapan sarana prasarana di seluruh kawasan objek wisata.

Koordinasi dengan Korlantas Polri pun dilakukan guna memetakan beberapa lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan selama libur lebaran. Khususnya di tempat wisata yang sering dikunjungi untuk kebutuhan rekayasa lalu lintas, serta menyiapkan rambu-rambu dan petunjuk portable untuk wisatawan.

Kenalkan Tren Baru Pariwisata Bali, Kemenparekraf Gandeng Air New Zealand

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini