Menilik Tantangan dan Peluang di Era Digital

Menilik Tantangan dan Peluang di Era Digital
info gambar utama

Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan manusia. Diakui atau tidak, teknologi sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan hampir setiap aspek kehidupan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, muncul juga tantangan dan dampak yang tidak ringan bagi manusia di era seperti saat ini. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan nasib masa depan manusia di era digital.

Setidaknya ada dua dampak dari perkembangan teknologi di era digital, yakni positif dan negatif. Dampak positif yaitu kemudahan akses informasi, meningkatkan efisiensi, dan mempercepat inovasi. Adapun dampak negatif yaitu rentan kecanduan teknologi, rawan kehilangan pekerjaan akibat digitalisasi aspek, ancaman privasi oleh cybercrime. Akhirnya, tantangan yang dihadapi manusia yaitu kesulitan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi, adanya pengaruh teknologi pada kehidupan sosial dan kesehatan mental.

Pada scope tertentu, kemajuan teknologi juga berpengaruh pada dunia pendidikan. Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi beradaptasi dengan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran, misalnya pembelajaran jarak jauh yang melibatkan penggunaan media digital untuk pembelajaran daring.

Baca juga: Transformasi Kualitas Pendidikan Indonesia: Fokus Bukan Prestasi, Melainkan Mutu

Selain itu, di dunia kerja juga terpengaruh atas perkembangan teknologi. Penggunaan mesin, robot, dan pemberlakuan metode otomatis pasti akan menggantikan pekerja manusia di berbagai sektor. Sebagai contoh, jika dahulu membajak sawah menggunakan bantuan hewan, saat ini telah beralih ke traktor atau mesin yang tidak banyak membutuhkan tenaga. Di satu sisi bisa dimaknai sebagai kesusksesan. Namun, di sisi lain bisa juga dinilai sebagai upaya “menihilkan” manusia.

Ilustrasi Tantangan dan peluang di era digital. Foto: nusantaranews.co
info gambar

Hemat saya, tantangan dan peluang dalam dunia kerja di era digital termasuk di dalamnya adalah memperbarui keterampilan dan kemampuan manusia agar sedapat mungkin mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi baru dan memastikan tidak ada gap (kesenjangan) digital dalam dunia kerja.

Berkaitan dengan perkembangan media, dapat dikataka bahwa media sosial mengambil porsi menempati ruang tak terpisahkan dari kehidupan manusia di era digital. Penggunaan yang tanpa filter dan cenderung berlebihan, akan mengakibatkan beberapa dampak kecanduan penggunaan. Hal ini berakibat fatal dan menyumbang dampak negatif, salah satunya: viralnya fenomena mengemis online beberapa waktu lalu yang di dalamnya ternyata mengandung unsur eksploitasi ekonomi.

Selanjutnya, untuk merespon masa depan manusia di era digital, diperlukan strategi yang komprehensif. Salah satunya adalah melalui edukasi yang berkelanjutan. Perlu diketahui bahwa edukasi memiliki peran penting dalam mempersiapkan manusia, terutama menyikapi perkembangan teknologi. Oleh karena itu, mulai dari pemerintah memiliki kewajiban melindungi hak atas privasi. Selanjutnya bagi masyarakat umum, dapat berperan dalam menghadirkan konten yang bertanggung jawab dan jauh dari SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan).

Baca juga: Implementasi Digital Marketing Di Era Industri 4.0 Melalui Program Kampus Merdeka

Tampaknya, kita semua memiliki peran untuk mempersiapkan diri dan mendidik masyarakat dalam menyambut masa depan manusia di era digital. Dengan fokus pada bidang pendidikan (akademik mapun non-akademik), penggunaan teknologi yang bertanggung jawab, dan meningkatkan kesadaran digital. Dengan cara ini, penulis optimis kita dapat mengoptimalkan manfaat dari berkembangnya teknologi serta mencari jalan keluar terbaik saat muncul tantangan.

Oleh karena itu, tantangan dan peluang untuk mengatasi dampak sosial dari era digital diantaranya yaitu mengembangkan kesadaran digital dan menumbuhkan kesadaran kolektif yang lebih baik terhadap penggunaan media sosial.

Sebagai catatan penutup, saya ingin menyebutkan bahwa era digital telah membawa dampak signifikan pada kehidupan manusia, baik positif maupun negatif. Meskipun tantangan yang dihadapi manusia di era digital ada di depan mata, sebaliknya terbentang luas peluang besar untuk mengembangkan keterampilan dan memperbaiki kualitas kehidupan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WT
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini