Kemenparekraf dan Kemenhub Bekerjasama Luncurkan Program Mudik Gratis

Kemenparekraf dan Kemenhub Bekerjasama Luncurkan Program Mudik Gratis
info gambar utama

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan program mudik gratis untuk masyarakat.

Menurut Sandiaga Salahuddin Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, program ini berdasarkan pada SKB 3 Menteri tentang hari libur dan cuti bersama tahun 2023 menjelang Idul Fitri, dengan cuti bersama ditetapkan pada tanggal 19-25 April 2023, selama 7 hari.

“Potensi pergerakan nasional saat mudik lebaran tahun 2023 sejumlah 123,8 juta orang, dengan 3 prosentase moda transportasi terbanyak menggunakan mobil pribadi 22,07 persen, sepeda motor 20,30 persen, dan bus 18,39 persen,” kata Sandi sebagaimana tertulis dalam siaran pers Kemenpar.

Berdasarkan data, daerah asal perjalanan terbanyak yaitu Jawa Timur 17,1 persen, Jawa Tengah 15,1 persen, Jabodetabek 14,8 persen, Jawa Barat (Non Bodetabek) 12,1 persen, dan Sumatra Utara 3,6 persen.

Sedangkan untuk daerah tujuan perjalanan terbanyak Jawa Tengah 26,45 persen, Jawa Timur 19,87 persen, Jawa Barat (Non Bodebek) 16,73 persen, Jabodetabek 6,52 persen, dan DI Yogyakarta 4,78 persen.

Menparekraf Sandiaga menyatakan bahwa program mudik gratis ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat dan merupakan solusi yang membantu mereka serta mengapreasiasi atas terwujudnya program ini.

Ia juga berpesan agar masyarakat menggunakan fasilitas mudik gratis dengan penuh tanggung jawab dan tidak mendaftar berkali-kali sehingga penyerapan kursi yang tersedia dapat optimal 100 persen.

"Jangan sampai mendaftar berkali-kali agar penyerapan kursi yang tersedia bisa optimal 100 persen. Dan ini kita harapkan memberikan langsung program yang tepat sasaran tepat manfaat kepada para pemudik,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Program Mudik Bersama BUMN Siapkan Lebih dari 65.000 Kuota, Gratis!

Menargetkan pergerakan wisatawan

Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, menyatakan bahwa Kemenparekraf menargetkan tercapainya 25 persen atau sekitar 300 juta-350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara tahun ini.

“Kita ditargetkan 1,2 miliar-1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara. Bulan ini ditargetkan 143,1 juta pergerakan gimana cara mendapatkannya yaitu kolaborasi dengan Kementerian Perhubungan yang membuat program mudik gratis,” ujarnya.

Menurut Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto, pendaftaran mudik gratis sudah dibuka dan telah disiapkan 858 bus untuk 24.072 penumpang. Selain itu, 30 truk dengan kapasitas 900 motor juga disediakan untuk pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi MitraDarat yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store. Syarat untuk mendaftar adalah memiliki dokumen kependudukan yang sah seperti kartu tanda penduduk (KTP).

“Masyarakat yang hendak mendaftar mudik gratis dapat mengakses secara online dengan mengunduh aplikasi Mitra Darat. Pendaftaran mudik gratis dibuka hingga 14 April 2023 atau sampai kuotanya habis,” katanya.

Suharto berharap agar Kementerian/Lembaga atau pihak swasta yang sedang mengadakan program mudik gratis dan belum memberikan laporan segera melakukannya.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini