Peta Persaingan di Sepak Bola SEA Games 2023 Mulai Tampak, di Mana Indonesia?

Peta Persaingan di Sepak Bola SEA Games 2023 Mulai Tampak, di Mana Indonesia?
info gambar utama

Peta persaingan di cabang olahraga sepakbola SEA Games 2023 sudah tampak, setidaknya untuk babak penyisihan grup.

Seperti biasa, cabor sepak bola selalu menyita perhatian paling besar di ajang SEA Games, tak terkecuali pada tahun 2023 ini.

SEA Games 2023 bakal diselenggarakan di Kamboja pada 5 hingga 17 Mei mendatang. Dari cabor sepak bola, akan dipertandingkan sederet laga dari tim putra maupun putri.

Kini, peta persaingan di SEA Games 2023 sudah tampak. Undian untuk babak penyisihan grup telah dilakukan dan setiap tim telah mengetahui tim mana yang nanti akan dihadapi demi melaju ke babak berikutnya.

Dari tim putra, Timnas U-22 yang mewakili Indonesia di SEA Games 2023 sudah tahu calon lawannya masing-masing. Undian pembagian grup telah dilaksanakan pada Rabu (5/4). Hasilnya, Indonesia masuk ke grup A.

Di Grup A, Indonesia bertemu dengan tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Sementara itu Grup B boleh dibilang grup maut karena disi oleh tim-tim ungglan seperti Thailand dan Vietnam.

Lalu dari tim putri, Timas Putri Indonesia juga telah mengetahui calon lawan di penyisihan grup. Mereka tergabung di Grup A bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Malaysia.

Siap-siap! Ada Klub Sepak Bola Eropa yang Akan ke Indonesia untuk Menantang Persija

Mempersiapkan Diri dan Punya Agenda Lain

Untuk menampilkan performa terbaik di SEA Games 2023, para pemain terus menjalani latihan. Ketua Umum PSSI saat Erick Thohir menyatakan jika para pemain sudah siap bertarung dan tampil maksimal.

"Bismillah. Tidak ada lawan yang mudah. Kita mesti berjuang keras untuk dapat menuntaskan misi merebut emas SEA Games," ujar Erick, seperti dilansir laman resmi PSSI.

Timnas U-22 Indonesia telah memulai pemusatan latihan. Selain pemain yang melahap seluruh agenda latihan. Staf kepatihan pun sibuk meracik komposisi pemain demi tim yang kuat dan kompak.

"Kami juga memanggil sejumlah pemain tim U-20 untuk mengikuti pemusatan latihan tim U-22," ujar pelatih Timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri.

"Setelah melihat hasil drawing, saya selalu bicara dengan pemain, siapa pun lawannya kita harus tetap fokus, tetap waspada, dan kerja keras untuk bisa menjadi yang terbaik," lanjutnya.

Sementara itu, Timnas Putri Indonesia saat ini sedang punya agenda lain, yakni Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Sebelumnya, tim juga sudah menjalani pemusatan di bawah arahan pelatih Rudy Eka Priyambada.

Skuad Timnas Putri Indonesia telah berangkat ke Lebanon di mana laga Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 akan digelar. Di sana, Timnas Putri Indonesia dihadapkan laga menghadapi Taiwan dan Lebanon.

"Dua laga di fase grup sangat menentukan langkah kami di babak selanjutnya, jadi kami harus tampil maksimal dengan skuat yang maksimal juga” kata Rudy.

Pembagian grup cabang sepak bola SEA Games 2023:

Putra
Grup A: Kamboja, Indonesia, Myanmar, Filipina, Timor Leste
Grup B: Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, Laos

Putri
Grup A: Indonesia, Vietnam, Filipina, Myanmar, Malaysia
Grup B: Kamboja, Thailand, Singapura, Laos

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini