Forbes Rilis Daftar 20 Negara dengan Miliarder Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?

Forbes Rilis Daftar 20 Negara dengan Miliarder Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?
info gambar utama

Forbes mencatat sebanyak 2.640 miliarder dari 77 negara dalam daftar orang terkaya di dunia pada 2023. Angka ini naik dibandingkan tahun lalu, yakni dari 75 negara. Adapun negara baru yang masuk daftar tersebut adalah Panama dan Armenia.

Dalam Forbes versi kali ini, Amerika Serikat kembali menjadi negara dengan jumlah miliarder terbanyak, yakni sebanyak 735 orang. Meski lebih dari 50 miliarder Amerika turun peringkat dan puluhan lainnya meninggal dunia, lebih dari 60 miliarder baru AS berhasil menambah daftar.

Berikutnya di peringkat kedua, China menyusul AS dengan jumlah miliarder sebanyak 495 orang, tidak termasuk Hong Kong dan Makau. Berbeda dengan AS, angka ini mengalami penurunan dari tahun 2022 yang mencapai 539 orang miliarder.

Sementara itu, India menduduki posisi ketiga dengan jumlah miliarder sebanyak 169 orang. Angka ini diketahui bertambah tiga orang dalam daftar. Namun secara keseluruhan, miliarder India mengalami penurunan kekayaan sebesar 75 miliar dolar AS dibandingkan tahun 2022.

Punya Surga Bernama Raja Ampat, Forbes Akui Indonesia sebagai Negara Terindah di Dunia

Indonesia Masuk dalam Daftar?

Indonesia menempati urutan ke-20 dalam daftar negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia, yakni sebanyak 29 orang. Angka ini diketahui menurun jika dibandingkan tahun 2022 yang jumlahnya 30 orang.

Selisih tipis, peringkat atasnya diduduki Israel dengan 30 orang miliarder. Terlihat dalam daftar, Indonesia bersama Singapura, menjadi dua negara ASEAN yang berhasil masuk daftar miliarder terbanyak versi Forbes 2023.

Melansir laman Forbes Real-Time Billionaires, pengusaha batu bara Low Tuck Kwong menempati daftar orang terkaya di Indonesia per Februari 2023. Total kekayaannya dikabarkan mencapai 26 miliar dolar AS.

Sementara di posisi kedua disusul oleh R. Budi Hartono, pemilik Bank Central Asia (BCA) dengan total kekayaan mencapai 25,2 miliar dolar AS. Kemudian, sosok Budi Hartono yang juga bergelut di bisnis perbankan berhasil menempati urutan ketiga dengan total kekayaan 22,8 miliar dolar AS.

Satu-Satunya dari Indonesia, Telkom Masuk Jajaran Forbes ''World's Best Employers 2021''

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini