Kunjungan Wisata Diperkirakan Tumbuh 25 Persen Sepanjang Libur Lebaran 2023

Kunjungan Wisata Diperkirakan Tumbuh 25 Persen Sepanjang Libur Lebaran 2023
info gambar utama

Lebaran adalah waktu yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia dan menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Industri pariwisata biasanya juga sangat ramai selama periode ini karena banyak orang yang memilih untuk melakukan perjalanan atau liburan.

Sehingga, tentunya ada peningkatan dari segi kunjungan untuk industri ini di masa tersebut. Yang mana, hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku ekonomi di daerah setempat.

Sebagaimana bersumber dari siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dalam persiapan jelang Idulfitri mendatang serta guna memperkirakan pergerakan wisatawan, Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf), menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Idulfitri 1444 H.

Rapat ini juga turut dihadiri bersama jajaran Kementerian/Lembaga di Mabes Polri, Jakarta pada tanggal 6 April 2023.

Angela mengumumkan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap menyambut libur Lebaran. Diperkirakan akan terjadi peningkatan sebesar 25 persen dalam jumlah kunjungan ke destinasi wisata selama libur Lebaran.

"Kami mengimbau kepada seluruh pelaku usaha di sektor parekraf untuk selalu menjaga kualitas protokol kesehatan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung," tutur Angela dalam keterangan tertulis Kemenparekraf tersebut.

Selain menyiapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga memperhatikan aspek keamanan dan ketertiban masyarakat serta pelayanan publik yang optimal dalam persiapan menghadapi libur Lebaran.

Kemenparekraf memastikan bahwa pergerakan wisatawan saat libur Lebaran berjalan dengan rasa nyaman dan aman. Hal ini meliputi ketersediaan transportasi resmi, tempat peristirahatan untuk pengemudi, protokol kesehatan, serta pelayanan dan pengamanan bagi wisatawan terjamin. Sehingga nantinya wisatawan merasa aman dan nyaman selama melakukan perjalanan dan mengunjungi destinasi wisata.

"Semoga mudik lebaran tahun ini berjalan dengan lancar dan membawa kebahagiaan bagi kita semua," ujar Wamenparekraf.

Untuk melakukan pemantauan destinasi pariwisata selama masa mudik dan libur lebaran tahun 2023, masyarakat dapat mengakses laman website https://sisparnas.kemenparekraf.go.id.

Mudik Hemat Menggunakan Motor Listrik: Temukan Lokasi SPKLU Terdekat di Jalurmu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini