Mitos Minyak Bintang dari Dayak, Benarkah Bisa Bangkitkan Orang Mati?

Mitos Minyak Bintang dari Dayak, Benarkah Bisa Bangkitkan Orang Mati?
info gambar utama

Pengobatan Ida Dayak menjadi fenomena yang dibicarakan oleh masyarakat. Salah satu pengobatannya yang menarik adalah minyak oles atau minyak bintang. Minyak tersebut dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit.

Sebelum viral, Ida Dayak berkeliling dari pasar ke pasar di seluruh Indonesia untuk mengobati penyakit. Dirinya pun selalu membawa minyak bintang-nya. Dirinya juga selalu menawarkan botol minyak bintang tersebut.

Rumah Pijat Haji Naim: Laku Spritual dalam Obati Patah Tulang

“Pengobatan ikhlas (gratis). Kalau bisa jangan beli obat online, itu jangan. Karena ibu tidak mau jual obat online. Video saya hanya dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya yang dikutip dari Tribun Sumsel.

Minyak bintang biasanya populer untuk pengobatan tradisional banyak penyakit. Terutama terkait permasalahan tulang dan kelumpuhan. Tetapi ternyata ada syarat dalam membuat minyak tradisional asal Dayak ini.

Syarat minyak bintang

Minyak bintang banyak memiliki mitos, selain menyembuhkan banyak penyakit. Minyak ini juga dipercaya bisa menghidupkan orang mati. Bagi suku Dayak, minyak sejenis ini di masa perang biasanya dipakai untuk mengobati yang terluka.

Tetapi untuk mendapatkan minyak bintang sangatlah sulit dan tidak sembarangan setiap orang bisa memperolehnya. Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Balangan Mahdan menuturkan mengenai minyak tersebut.

Mahdan menjelaskan bahwa untuk mendapatkan minyak bintang tidak sembarangan. Untuk penggunaannya jelasnya juga tidak bisa semerta-merta, karena ada pantangan yaitu dilarang memakan sayur kacang panjang dan daun katuk.

Riwayat Haji Naim, Legenda Tukang Pijat Patah Tulang Asli Cimande

“Sesuai dengan ajaran leluhur kami, dua pantangan ini jika dilanggar maka pengobatan akan tidak maksimal,” ujarnya.

Mahdan menambahkan biasanya minyak bintang digunakan untuk obat luar seperti saat selesai melakukan operasi atau mengalami kecelakaan. Dan dipercaya minyak bintang akan berfungsi ketika malam hari.

Cara membeli

Dahulu minyak bintang bisa didapatkan dengan cara dibeli sebesar lima sampai sepuluh antang. Namun harga tersebut termasuk harga yang sangat besar. Karena itulah jumlah orang yang mampu memiliki ilmu sangat sedikit.

Cara pakainya pun dengan minum beberapa tetes pada malam hari, itu diyakini akan dapat bertahan seumur hidup. Namun minyak bintang hanya bisa dimanfaatkan bagi pemilik ilmu sehingga tidak bisa untuk menolong orang.

Kini minyak bintang sangat sulit didapatkan. Minyak ini terbuat dari berbagai jenis akar, seperti ginseng hutan, akar paku atei, akar supa, sere hingga batang sendiri. Tetapi banyak juga tambahan ramuan yang dirahasiakan.

Bukit Peramun, Hutan dengan Kekayaan Tanaman Obat di Pulau Belitung

Tetapi dijelaskan oleh Ida Dayak, dirinya hanya menggunakan minyak biasa. Pasalnya minyak bintang memang sangat sulit untuk dibuat. Biasanya minyak bintang asli hanya dimiliki oleh kepala suku.

“Minyak bintang itu pembuatannya sangat sulit dan yang punya hanya kepala suku dan minyak bintang tidak diperjualbelikan,” ujarnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini