Legenda Sumur Upas: Pintu Rahasia Majapahit Menuju Pantai Selatan

Legenda Sumur Upas: Pintu Rahasia Majapahit Menuju Pantai Selatan
info gambar utama

Sumur misterius yang berada di Komplek Candi Kedaton, Mojokerto, Jawa Timur begitu disakralkan oleh masyarakat. Masyarakat menyebut sumur misterius itu dengan nama Sumur Upas.

Dilihat dari Youtube Asli Mojokerto, seorang juru kunci bernama Darsono mengungkapkan bahwa Sumur Upas memiliki banyak cerita di balik keberadaannya. Kata upas diambil dari Bahasa Jawa yang berarti bisa ular.

Melihat Teknik Kerajaan Majapahit untuk Mengatasi Banjir dan Kekeringan

“Sumur Upas itu mungkin pahamnya orang dulu itu beracun. Mungkin karena gak lama dibuka itu namanya sumur itu CO2 atau gas beracunnya, makannya orang dulu menyebutnya beracun gitu aja,” ujar Darsono.

Warga setempat juga sangat mensakralkan komplek tersebut. Sejauh ini hanya paranormal atau orang yang hendak menabur bunga sesajen untuk ritual. Selain itu juga para petugas yang hendak membersihkan lokasi itu.

Jalan pintas Majapahit

Sumur Upas menjadi titik yang menyimpan banyak mitos dari situs ini. Dipercaya fungsi sumur ini menjadi jalan rahasia menuju suatu tempat aman bagi Raja Majapahit apabila diserang musuh.

Pada keterangan video, komplek Sumur Upas dahulu dipakai sebagai pintu rahasia Kerajaan Majapahit. Menurut kepercayaan setempat, sumur ini terhubung langsung ke Gunung Lawu, Pantai Selatan, Tengger, Tuban, hingga ke Pulau Bali.

Candi Cetho: Peninggalan Majapahit yang Dibangun di Atas Awan

Karena rahasia inilah membuat lorong ini dinamai Sumur Upas yang artinya sumur beracun, sehingga tidak ada yang memasukinya. Dalam cerita berkembang, ternyata ada juga seorang yang mencoba memasuki lubang sumur itu.

“Setelah sampai kedalaman tertentu, dia lemas. Sejak itu tempat ini dikenal sebagai Sumur Upas,” ucapnya.

Didatangi pejabat

Minim salah satu juru kunci Sumur Upas menuturkan banyak tokoh bangsa yang pernah datang ke tempat ini. Misalnya dipercaya zaman dulu Presiden Soekarno dan Soeharto pernah datang ke tempat tersebut.

“Ceritanya begitu, mereka berdua datang untuk laku atau tirakat. Dan termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga semat berkunjung ke sini,” tutur Minin yang dimuat Faktual News.

Mengenal Faedah Buah Maja yang Menginspirasi Nama Kerajaan Majapahit

Selain pejabat, katanya, masyarakat juga sering melakukan ziarah dan ritual-ritual di tempat ini. Biasanya ada beberapa tujuan dari para peziarah ini untuk mendatangi sumur keramat asal Majapahit ini.

“Kalau Jum’at legi pun biasanya ramai atau hari-hari tertentu. Karena tempat ini diyakini keramat dan ada jalur persimpangan menuju laut kidul (laut selatan),” jelasnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini