Menyesap Kenikmatan Loloh Cemcem Khas Bali yang Kaya Akan Khasiat

Menyesap Kenikmatan Loloh Cemcem Khas Bali yang Kaya Akan Khasiat
info gambar utama

Berkunjung ke Bali tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba kuliner khas Pulau Dewata yang kaya akan rempah-rempah ini. Salah satu rekomendasi yang wajib Kawan coba adalah jamu tradisional Loloh Cemcem, khas Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali.

Nama Loloh Cemcem sendiri diambil dari bahasa Bali. Loloh artinya jamu dan cemcem merupakan daun yang menjadi bahan dasar pembuatan minuman ini. Khusus di Desa Penglipuran, semua jenis Loloh Cemcem berbahan dasar daun Cemcem (daun kedondong hutan). Namun, akan berbeda variasi ketika Kawan mencobanya di daerah lain.

Kalau Kawan berkunjung ke Desa Penglipuran, Kawan bisa langsung mencoba Loloh Cemcem ini. Atau bisa juga membeli dalam bentuk kemasan botol berukuran 600ml dengan harga mulai Rp5.000.

Amparan Tatak Pisang, Jajanan Paling Dicari di Banjarmasin Selama Ramadan

Kekayaan Rempah dalam Segelas Loloh Cemcem

Pada umumnya jamu Loloh Cemcem berbahan dasar daun dan rempah pilihan. Biasanya daun cemcem akan dicampur dengan kayu manis, daun sirih, daun dhadhap, daun sirih, daun jeruk pagar, buah kelapa, air kelapa, madu dan gula aren.

Setelah itu, seluruh bahan-bahan tersebut dicampur dalam jumlah yang tepat dan kemudian direbus dengan air hingga semuanya larut dan menghasilkan paduan aroma yang khas.

Meskipun termasuk jenis jamu, Loloh Cemcem tidak memiliki rasa pahit. Melainkan malah rasa unik yang enak ketika disesap. Karena memiliki enam rasa yang berbaur menjadi satu kesatuan. Ada campuran antara rasa asam, manis, asin, dan sedikit pahit.

Loloh Cemcem sering disajikan dalam keadaan dingin dengan es batu, dan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga pada saat cuaca yang panas. Selain itu, minuman ini juga memiliki khasiat kesehatan karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan dari bahan-bahan alami yang digunakannya.

Bubur India Masjid Pekojan Semarang yang Jadi Takjil Khas Selama Ratusan Tahun
Daun Cemcem Bali | Foto: M. Kuta
info gambar

4 Manfaat dan Khasiat Loloh Cemcem

Minuman ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Bali dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Loloh Cemcem mengandung serat dan zat-zat yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan memperbaiki fungsi usus. Bahkan mengonsumsi sayuran hijau setiap hari membuat jumlah dan berat feses meningkat sehingga lebih mudah dikeluarkan.

2. Mengobati Panas Dalam

Kandungan antioksidan pada bahan-bahan yang digunakan dalam Loloh Cemcem membantu mengobati panas dalam. Oleh sebab itu, minuman ini sangat direkomendasikan dinikmati dengan campuran es batu.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan sereh yang ada dalam Loloh Cemcem juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang menjadi sumber tekanan darah tinggi. Kandungan potasiumnya bermanfaat melancarkan sirkulasi darah.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan nutrisi yang tinggi dalam Loloh Cemcem seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi jamu Loloh Cemcem sebaiknya tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan masing-masing.

Pisang Sale, Makanan Khas Aceh Sebagai Salah Satu Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Resep Loloh Cemcem Pandan Segar

Bahan-bahan:

  • 15 lembar daun cemcem
  • 10 lembar daun suji segar
  • 5 lembar daun pandan segar
  • 5 lembar daun kemangi segar
  • 3-4 bunga rosella segar atau kering
  • 2 liter air
  • Gula aren atau madu secukupnya

Proses Pembuatan:

  1. Cuci bersih semua bahan-bahan yang akan digunakan dan potong-potong daun kelor.
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  3. Tambahkan daun kelor, daun suji, daun pandan, daun kemangi, dan bunga rosella ke dalam panci berisi air yang telah mendidih.
  4. Masak campuran bahan tersebut dengan api kecil selama 20-30 menit.
  5. Setelah campuran bahan sudah matang, angkat panci dan biarkan airnya agak dingin.
  6. Saring air rebusan bahan dengan menggunakan saringan atau kain kasa bersih.
  7. Tambahkan gula aren atau madu secukupnya untuk memberikan rasa manis pada minuman.
  8. Aduk rata dan biarkan hingga suhu minuman menjadi agak dingin.
  9. Sajikan Loloh Cemcem dengan es batu.

Selamat mencoba!

Referensi: Cookpad | DJKN Kemenkeu | KSMTour | Sonora Bali

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
KO
RP
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini