5 Tol Diskon Ketika Mudik Lebaran 2023, Tol Mana Saja?

5 Tol Diskon Ketika Mudik Lebaran 2023, Tol Mana Saja?
info gambar utama

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut baik upaya Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang memberikan diskon tarif tol saat musim Lebaran 2023 di lima ruas tol, tiga di Pulau Jawa dan dua di Pulau Sumatera.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat mudik dan arus balik Lebaran, tanpa mengurangi kualitas layanan jalan tol, dengan cara memecah arus lalu lintas di awal dan akhir masa libur Lebaran 1444 H tahun 2023. Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, menegaskan bahwa kebijakan ini merupakan upaya bersama Pemerintah dan BUJT.

"Kita harapkan agar diskon tarif tol ini yang telah ditawarkan oleh operator jalan tol ini dapat disambut positif dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu untuk mudik lebih dulu atau kembali lebih belakangan," kata Endra dalam keterangan resmi PUPR (16/04/2023).

Berikut adalah beberapa tol yang didiskon selama periode mudik 2023 :

1. Tol Jakarta-Cikampek

Diskon tarif tol pertama diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20% untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan bagian penting dari Jalan Tol Trans Jawa. Diskon tol tersebut berlaku pada tanggal 16-17 April dan 27-29 April 2023, dan berlaku untuk kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Gerbang Tol Kalihurip Utama atau sebaliknya.

2. Bakauheni-Terbanggi Besar

PT Jasa Marga memberikan diskon tarif tol sebesar 20% untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek pada tanggal 16-17 April dan 27-29 April 2023 dari Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Gerbang Tol Kalihurip Utama atau sebaliknya, sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi kepadatan kendaraan selama mudik Lebaran.

3.Tol Kayuagung-Palembang

PT Waskita Toll Road yang mengelola Tol Kayuagung-Palembang melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) juga memberikan potongan harga pada tarif tol. Diskon 20% diberlakukan untuk semua jenis kendaraan dan berlaku pada 16-18 April serta 27-29 April 2023. Ini juga termasuk dalam jalan tol Trans Sumatera.

4. Tol Tangerang-Merak

Diskon tarif tol juga diberlakukan oleh PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) untuk ruas Tol Tangerang-Merak. Besaran potongan tarif tol adalah 20% untuk tanggal 16-18 April dan 27-28 April 2023.

5. Tol Cibitung-Cilincing

Terakhir, diskon tarif tol diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada tanggal 14 hingga 30 April 2023. Diskon tarif tol berbeda-beda untuk setiap golongan kendaraan, yaitu 15% untuk Golongan I, 44% untuk Golongan II dan III, dan 58% untuk Golongan IV dan V.

Hati-hati Mudik di Tol Trans-Jawa, Inilah 9 Titik Rawan Kecelakaan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini