Operasi Ketupat 2023 Resmi Digelar, Lalu Lintas Hingga Permukiman Dijamin Aman!

Operasi Ketupat 2023 Resmi Digelar, Lalu Lintas Hingga Permukiman Dijamin Aman!
info gambar utama

Pemerintah dan stakeholder terkait terus berupaya untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Salah satu upaya tersebut dengan Operasi Ketupat 2023 yang menjadi kewenangan Kepolisian RI. Dalam apel gelar pasukan di Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 yang berlangsung secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Kapolri Jenderal Sigit menuturkan untuk Operasi Ketupat kali ini, pihaknya menyiagakan total 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan stakeholder lainnya guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik.

Hati-hati Mudik di Tol Trans-Jawa, Inilah 9 Titik Rawan Kecelakaan

Lebih intensif dibanding tahun lalu

Persiapan intensif dilakukan untuk mewujudkan pelayanan dan pengamanan arus mudik yang jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Terlebih lagi pada tahun ini, masyarakat yang melakukan mudik diprediksikan meningkat sekitar 45 persen dibanding tahun lalu.

Maka dari itu, sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo, pihak kepolisian akan memaksimalkan pengaturan dan pengamanan arus mudik dan balik lebaran.

Mengutip dari Republika, beberapa strategi pengamanan yang dilakukan tersebut, antara lain penerapan rekayasa lalu lintas, mulai dari Contra Flow, One Way, serta pengamanan pada jalur non-tol.

Selain itu, arus mudik di jalur penyeberangan juga tak luput menjadi perhatian. Dalam hal ini, masyarakat diimbau bisa menyeberang pada siang hari guna mengantisipasi lonjakan pemudik via jalur laut pada malam hari.

Tidak hanya berkaitan dengan lalu lintas, pengamanan wilayah permukiman pun disiagakan dengan mempersiapkan tiga pilar, yakni RT/RW, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas untuk melakukan patroli menjaga rumah yang ditinggalkan saat mudik.

5 Tol Diskon Ketika Mudik Lebaran 2023, Tol Mana Saja?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini