Pantai dan Pusat Kuliner Bakal Jadi Primadona Wisatawan Indonesia Saat Libur Lebaran

Pantai dan Pusat Kuliner Bakal Jadi Primadona Wisatawan Indonesia Saat Libur Lebaran
info gambar utama

Survei yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terhadap preferensi aktivitas wisatawan Indonesia selama libur Lebaran Idul Fitri menunjukkan, sebanyak 64,5 persen responden memilih wisata pantai untuk mengisi libur Lebaran tahun ini.

Sementara di posisi kedua, pusat kuliner dipilih oleh 54 persen responden untuk mengisi waktu libur Lebaran nanti. Kemudian 51,3 persen memilih destinasi pegunungan atau agrowisata; 36,5 persen taman rekreasi, dan 20,6 persen desa wisata.

Mengutip dari liputan6.com, survei tersebut dilakukan terhadap 832 responden pada 31 Maret sampai 14 April 2023. Sebanyak 77,6 persen responden menyatakan akan mudik selama libur lebaran dan hampir seluruhnya akan berwisata.

Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa pemetaan preferensi aktivitas wisatawan Indonesia yang dilakukan Deputi Kebijakan Strategis ini penting sebagai dasar kebijakan pengaturan pariwisata pada libur nasional kedepannya.

5 Tol Diskon Ketika Mudik Lebaran 2023, Tol Mana Saja?

Perputaran ekonomi capai Rp240,1 triliun

Pemerintah memprediksi perputaran ekonomi pada masa libur Lebaran ini naik dari angka estimasi awal Rp150 triliun menjadi ke Rp240,1 triliun. Perhitungan ini berdasarkan asumsi basis pengeluaran wisatawan nusantara saat mudik lebaran pada 2019-2021 sekitar Rp 1,94 juta.

kenaikan proyeksi perputaran ekonomi tersebut tidak lepas dari prediksi lonjakan jumlah pemudik Lebaran tahun ini yang jumlahnya mencapai 123,8 juta orang, atau tumbuh sebesar 44,8 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 85,5, juta orang.

Adapun faktor penunjang yang diprediksi jadi penyebab kenaikan pergerakan masyarakat dalam masa mudik kali ini adalah penambahan jumlah hari libur, serta pencabutan kebijakan PPKM.

Mudik ke Sumatra? ASDP Prediksi H-2 Lebaran Jadi Puncak Arus Mudik Pelabuhan Merak

Berwisata di Indonesia saja

Dalam konferensi pers Extend The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (17/4/2023), Menparekraf mengimbau agar masyarakat berwisata di Indonesia saja.

Hal tersebut dilakukan karena beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia saat ini tengah mengalami lonjakan kasus Covid. Selain itu, berbagai destinasi wisata di Indonesia sendiri juga siap untuk dikunjungi.

Di sisi lain, pihaknya juga menginstruksikan pemudik dan para wisatawan untuk tetap menerapkan protokol CHSE (Cleanless, Health, Safety, Environment Sustainability) agar tidak ada peningkatan kasus Covid pasca-mudik Lebaran.

7 Rekomendasi Wisata Alam Tasikmalaya, Cocok Buat Libur Lebaran!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini