Jumlah Pemudik Tahun 2023 Sesuai Prediksi 123 Juta Orang, Tertinggi Sepanjang Sejarah!

Jumlah Pemudik Tahun 2023 Sesuai Prediksi 123 Juta Orang, Tertinggi Sepanjang Sejarah!
info gambar utama

Jumlah pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 H sesuai dengan prediksi dari riset yang dilakukan pemerintah. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang sebelumnya memperkirakan jumlah pemudik Lebaran 2023 sekitar 123 juta orang.

Dilansir dari liputan6.com, Minggu (23/4/2023), Menhub Budi mengatakan bahwa jumlah pemudik kali ini nearly (hampir) mendekati prediksi. Sementara itu, pihaknya tak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait destinasi yang paling banyak dituju dan moda transportasi yang digunakan pemudik tahun ini.

Menurutnya, angka mudik Lebaran tahun ini naik drastis dibanding tahun lalu, yakni sebanyak 85 juta orang pada 2022. Maka dari itu, pihaknya meminta institusi terkait untuk melakukan asesmen berkala guna mengantisipasi pergerakan atau mobilitas masyarakat dalam rangka mudik Hari Raya Idul Fitri 2023.

Cegah Antrean Mengular di SPBU, Pertamina Imbau Pemudik Bayar BBM Secara Nontunai

Tertinggi sepanjang sejarah

Bersumber dari Kompas.com, Presiden Joko Widodo dalam siaran pers secara daring, Senin (24/4/2023), menyebut bahwa puncak arus mudik 2023 sebagai yang tertingggi sepanjang sejarah. Menurutnya, pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat serta masyarakat sukses mengelola arus mudik kali ini.

Selanjutnya, beberapa hari ke depan masyarakat akan menghadapi kondisi arus balik. Data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi, setidaknya ada 203 ribu kendaraan yang datang dari arah timur Tol Trans Jawa dan dari arah Bandung memasuki Tol Jakarta-Cikampek.

Presiden Jokowi menilai jumlah tersebut sangat besar dibandingkan dari jumlah normalnya, yakni 53 ribu kendaraan. Oleh karena itu, masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak diimbau agar menghindari puncak arus balik tanggal 24 dan 25 April 2023.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menunda atau mengundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 26 April 2023. Terkait bentuk cuti tambahan atau lainnya, Presiden menekankan agar instansi maupun perusahaan masing-masing dapat mengatur teknisnya.

Di Masa Mudik 2023, Pergerakan Ekonomi Diproyeksikan Capai Rp240,1 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini