Menuju Puncak KTT ASEAN ke-42, Jokowi Bakal Pimpin 7 dari 8 Pertemuan Penting

Menuju Puncak KTT ASEAN ke-42, Jokowi Bakal Pimpin 7 dari 8 Pertemuan Penting
info gambar utama

Tinggal dua pekan lagi, puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 akan segera digelar pada 10-11 Mei 2023. Setidaknya ada delapan agenda pertemuan para pemimpin negara ASEAN yang bakal dilangsungkan dalam dua hari itu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan memimpin tujuh dari seluruh pertemuan tersebut, sedangkan satu agenda lainnya akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia.

Dia menjelaskan, sebanyak lima pertemuan akan diselenggarakan pada hari pertama dan tiga lainnya di hari kedua. Semua itu akan dibuat dalam format pleno dan retreat.

"Hari pertama, semua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Jokowi, sedangkan di hari kedua, dua di antaranya dipimpin oleh Bapak Jokowi dan satu lagi dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia," kata Retno usai menemani Presiden Jokowi mengecek kesiapan penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo, Selasa (25/4/2023), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Mata Uang Tunggal ASEAN: Keuntungan atau Kerugian bagi Indonesia?

Retno menyebutkan, beberapa pertemuan yang akan dipimpin oleh Jokowi pada puncak KTT ASEAN ke-42 antara lain: pertemuan dengan parlemen, pertemuan dengan para pemuda, pertemuan dengan pebisnis, pertemuan dengan High Level Task Force yang akan mempersiapkan visi ASEAN 2045, serta IMT-GT Summit, yakni pertemuan khusus antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand-Growth Treangle.

Kemudian, dia pun mengatakan bahwa KTT ASEAN di Labuan Bajo tak hanya dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN, tapi juga pebisnis hingga anggota parlemen.

"Yang hadir tidak hanya government, ada pebisnis, pemuda, ada dari parlemen dan lain-lain," tambahnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dijadwalkan akan memimpin BIMP-EAGA Summit, yaitu pertemuan Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina, dalam East Asean Growth Area.

"Secara rotasi, saat ini memang akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia," papar Retno.

Selain pertemuan kepala negara ASEAN, kata Retno, dua hari menjelang puncak KTT akan diadakan juga pertemuan tingkat menteri dan beberapa pertemuan lainnya.

Misalnya, pada 8 Mei 2023 akan dilaksanakan Senior Official Meeting. Kemudian, keesokan harinya (9/5) akan diselenggarakan pertemuan para Menteri Luar Negeri seluruh negara ASEAN.

"KTT dilakukan 10-11 Mei tapi rangkaian acara itu sudah ada pertemuan Senior Official Meeting, ada pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri, sepuluh sampai sebelas (Mei) KTT-nya, yaitu para pemimpin ASEAN," tutup Retno.

Pemerintah Targetkan 1,1 Juta Kunjungan ke Labuan Bajo Selama KTT ASEAN 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini