Labuan Bajo Bergembira, Pesta Rakyat Bakal Meriahkan KTT ASEAN Selama Sepekan

Labuan Bajo Bergembira, Pesta Rakyat Bakal Meriahkan KTT ASEAN Selama Sepekan
info gambar utama

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo akan segera dihelat. Untuk menyemarakkan acara ini, pengelola bakal menghadirkan pesta rakyat selama tujuh hari berturut-turut.

Shana Fatina Sukarsono, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mengungkapkan, pesta rakyat akan digelar di sela-sela KTT ASEAN pada 7-13 Mei 2023. Seluruh kegiatan akan melibatkan warga lokal dari sektor kreatif dan UMKM. Mulai dari sanggar budaya setempat, para seniman, hingga pelajar sekolah.

Menurutnya, pesta rakyat ini terselenggara atas kolaborasi Kemenparekraf dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Menuju Puncak KTT ASEAN ke-42, Jokowi Bakal Pimpin 7 dari 8 Pertemuan Penting

Ada bazar hingga Festival Gua Batu Cermin

Acara tersebut akan diemeriahkan dengan berbagai konten budaya lokal. Satu di antaranya yaitu bazar yang menjual berbagai produk parekraf lokal, seperti kuliner, tenun, suvenir, kopi, gula rebok, serta kerajinan tangan.

"Pesta Rakyat ini terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show. Kehadiran side event ini ditujukan untuk melibatkan masyarakat lokal secara aktif, salah satunya melalui dukungan ekosistem kreatif atau UMKM di Labuan Bajo," ucap Shana melalui siaran pers, Sabtu (29/4/2023).

Tak hanya itu, pesta rakyat akan semakin
semarak dengan adanya Street Carnival (Karnaval Jalanan), Festival Gua Batu Cermin, SMEs Hub, dan lainnya. Kegiatan ini melibatkan siswa-siswi sekolah, sanggar budaya lokal, serta para seniman melalui pertunjukan musik.

Masih ada lagi, sejumlah artis ibu kota pun akan didatangkan untuk menghibur masyarakat dan seluruh delegasi.

"Harapannya, keterlibatan masyarakat secara aktif akan memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat Labuan Bajo," ujar Shana.

Rangkaian kegiatan pesta rakyat ini, kata dia, akan digelar di sejumlah lokasi. Street Carnival, misalnya, diadakan di Lapangan Wae Kesambi. Lalu, Festival Gua Batu Cermin di Gua Batu Cermin, dan SMEs Hub di Waterfront Kampung Ujung.

Pemerintah Targetkan 1,1 Juta Kunjungan ke Labuan Bajo Selama KTT ASEAN 2023

Dialog dengan pemuda lokal

Selain menghadirkan berbagai pertunjukkan seni, Shana menyebut pesta rakyat juga akan diisi dengan program ASEAN Youth yang diikuti oleh 22 anggota delegasi dari negara-negara ASEAN.

Para peserta akan melakukan live on board (berlayar dengan kapal), dialog bersama para pemimpin ASEAN, serta berdiskusi dengan pemuda lokal untuk lebih membumikan urgensi ASEAN di kalangan anak muda.

Program ini, kata dia, selaras dengan upaya BPOLBF untuk mengamplifikasi dan mengedukasi masyarakat Labuan Bajo tentang ASEAN.

Gua Batu Cermin: Tapak Fosil Bawah Laut di Balik Keindahan Labuan Bajo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini