Ke Jayapura? Jangan Lupa Menikmati Kecantikan Burung-burungnya!

Ke Jayapura? Jangan Lupa Menikmati Kecantikan Burung-burungnya!
info gambar utama

Pergi ke Jayapura belum lengkap jika belum menikmati keindahan burung-burungnya. Bagi pemerintah setempat, burung-burung tersebut juga menjadi daya tarik wisata.

Papua punya keindahan alam yang luar biasa. Selain lanskap yang begitu indah, banyak pula satwa-satwa eksotis nan cantik yang mengundang decak kagum siapapun yang melihatnya.

Burung mambruk, misalnya. Burung satu ini memiliki badan seperti burung merpati pada umumnya. Namun, mereka mempunyai semacam mahkota berupa bulu-bulu yang terangkai seperti jambul.

Kemudian ada pula burung parotia. Keunikan burung ini terletak pada perilakunya yang kerap melakukan gerakan menari layaknya balerina. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian lawan jenis.

Kemudian burung yang bisa dibilang paling terkenal sekaligus menjadi ikon Papua adalah cenderawasih. Burung satu ini memiliki wujud dan warna yang begitu indah. Maka tak heran jika burung cenderawasih disebut sebagai Bird of Paradise atau burung dari surga.

Di Papua, pemerintah setempat memberi kesempatan kepada para wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan burung-burung tersebut. Di Kabupaten Jayapura, aktivitas mengamati burung atau birdwatching menjadi wisata andalan.

Batu Night Spectacular, Asyiknya Bermain Ditemani Hawa Dingin Kota Batu

Birdwatching di Jayapura

Dinas Pariwisata (Dispar) dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura menjadikan birdwatching sebagai wisata andalan yang berbasis lingkungan. Wisata birdwatching ini pun akan dipromosikan lewat ajang Festival Danau Sentani (FDS) yang dijadwalkan diselenggarakan pada Juni 2022 mendatang.

Birdwatching di Jayapura diklaim punya banyak peminat. Wisatawan khususnya dari luar negeri ramai mengamati indahnya burung-burung di Papua.

“Objek wisata pengamatan Burung Cenderawasih tersebut merupakan unggulan karena pengunjungnya sangat banyak dan didominasi wisatawan mancanegara," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura Ted Mokay seperti dilansir ANTARA.

Hadirnya birdwatching sebagai wisata andalan membuat Pemerintah Kabupaten Jayapura juga berupaya melengkapi sarana dan prasarana yang tersedia agar wisatawan semakin nyaman. Sebagian di antaranya adalah penginapan untuk memenuhi kebutuhan akomodasi wisatawan serta menara pandang tempat pengamatan burung dilakukan.

Pemerintah Kabupaten Jayapura tampak paham betul keindahan alam adalah keunggulan yang dimiliki daerah mereka. Oleh karena itu, wisata berbasis lingkungan seperti birdwatching sangat cocok untuk dikembangkan.

“Memang di Kabupaten Jayapura yang lebih dominan kami kembangkan adalah wisata berbasis lingkungan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura Klinton Suebu.

Jadi, jika Anda pergi ke Jayapura, jangan lupa menikmati keindahan burung-burungnya!

Curug Lawe Benowo, Air Terjun yang Memanjakan Mata dengan Pemandangan Alaminya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini