Keren! Startup Mahasiswa Asal Bekasi Berhasil Tembus Pasar IT di Rusia

Keren! Startup Mahasiswa Asal Bekasi Berhasil Tembus Pasar IT di Rusia
info gambar utama

Perusahaan rintisan atau startup berbasis software house milik para pelajar mahasiswa Indonesia berhasil menembus pasar industri teknologi di Rusia.

Bermula dari Instagram Story, Fakhrul Arifin Oktavian menceritakan perkembangan pembelajaran IT di kampusnya. Tak disangka, karya mahasiswa pasca-sarjana asal Bekasi ini terus menyebar ke petinggi universitas tempatnya berkuliah di Rusia.

Hingga akhirnya, Fakhrul mendapatkan dukungan moril dan mendirikan sebuah startup yang dinamakan FaoTech pada akhir 2022 lalu.

Berawal dari kursus gratis

Tim FaoTech
info gambar

Seperti yang diberitakan liputan6.com, Fakhrul mengawali perusahaan rintisannya dengan menawarkan kursus programming gratis dari kamar apartemennya.

Meski awalnya proyek perdana startup ini hanya untuk membantu sesama mahasiswa tentang dunia programming, namun akhirnya Fakrul bisa memperoleh tim dan melakukan ekspansi ke pasar IT di Rusia.

Lalu baru-baru ini, FaoTech bersama salah satu universitas terbaik di Rusia, Kazan Federal State University, meluncurkan sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu para mahasiswa mempersiapkan diri memasuki dunia karier. Tak main-main, aplikasi itu sudah terintegrasi dengan salah satu platform pencarian kerja terbesar di Rusia.

Kepala Departemen Inovasi dan Investasi universitas tersebut, Sadriev Azat Rafailovich menyebut Fakhrul beserta timnya telah berhasil menjadi bagian penting dalam proyek krusial bagi Universitas Federal Kazan.

Startup mahasiswa Indonesia ini juga dijadikan sebuah percontohan dalam proyek kerja sama dengan mahasiswa lain.

Proyek dari Pemerintah Kota Moskow

Setelah sukses berkolaborasi dengan Kazan Federal State University, saat ini FaoTech diberikan kepercayaan untuk mengerjakan salah satu proyek departemen kebijakan nasional hubungan antar daerah dan pariwisata, bersama Pemerintah Kota Moskow.

Fakhrul mengungkapkan bahwa kesuksesan startup-nya ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi ketujuh anggota tim termasuk dirinya.

Mereka adalah Nanda dan Zidni selaku Project Manager dan UI/UX Designer, Rivaldo sebagai Back End Engineer, dan empat orang lainnya Front End Engineer yakni Firly, Ryan, Alvin, dan Ilham.

Dirinya berharap FaoTech dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif, tidak hanya bagi industri teknologi di Rusia, tetapi juga perkembangan dunia IT di Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini