Ingat! Jangan Pernah Merendahkan Orang Lain, Kita Semua Setara!

Ingat! Jangan Pernah Merendahkan Orang Lain, Kita Semua Setara!
info gambar utama

Saya mendedikasikan tulisan ini kepada diri saya sendiri yang pernah mengalami bagaimana sakitnya direndahkan dan dibeda-bedakan oleh teman. Teruntuk teman-teman saya di sana semoga membaca tulisan ini.

Kita hidup di dunia yang penuh dengan perbedaan. Ada yang sejahtera, ada yang pula yang belum sejahtera. Ada yang cerdas, ada yang pintar. Ada yang mempesona, ada yang kurang menarik. Ada yang sehat, ada yang ingin segera sembuh dari sakit. Ada yang mapan, ada yang masih mencari jalan. Dan seterusnya.

Namun, perbedaan-perbedaan itu semestinya tidak membuat kita merasa paling baik atau lebih buruk dari orang lain. Setiap orang memiliki potensi dan keunikan yang tidak sama. Di dunia ini tidak ada satu orang pun yang secara mutlak lebih baik atau lebih buruk dari yang lain. Kita semua setara lho!

Namun sayangnya, masih kerap menjumpai orang yang dengan mudahnya merendahkan bahkan menindas orang lain hanya karena perbedaan-perbedaan tersebut. Mereka merasa lebih berkuasa dan menganggap orang lain lebih rendah dari dirinya. Ini yang perlu diluruskan.

Padahal, sebagai sesama manusia kita semua memiliki hak yang sama. Hak untuk hidup, hak untuk berpendapat, hak untuk diperlakukan dengan adil, dan hak untuk menjalani hidup dengan tenang dan damai serta hak terbebas dari segala bentuk intimidasi dan kekerasan. Tidak ada yang lebih berhak daripada yang lainnya. Artinya, hak saya juga ditentukan hak orang lain.

Semua orang setara
info gambar

Sangat mungkin ada yang lebih beruntung daripada yang lain. Ada yang dilahirkan di keluarga yang berkecukupan, mendapatkan pendidikan yang baik, pengasuhan yang ideal, atau mempunyai wajah yang rupawan. Namun, itu semua bukan karena kemampuan atau prestasi individu. Itu semua karena faktor yang di luar kendali kita.

Jadi, kita tidak bisa memilih dimana dan kapan kita dilahirkan, siapa orangtua kita, atau bagaimana bentuk wajah kita. Yang bisa kita lakukan hanyalah memaksimalkan potensi yang ada, dan berusaha keras untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Baca juga: Berbicara dengan Hati, Memahami Esensi Kebenaran dalam Kasih

Maka dari itu, janganlah merendahkan orang lain hanya karena ada perbedaan. Janganlah menilai seseorang dari penampilan luarnya saja, status sosialnya, atau apa pun yang di luar kendali mereka. Kita mestinya memandang setiap orang dengan rasa hormat dan penuh dengan kesetaraan.

Kita mestinya mau belajar untuk bersikap empati dan toleran terhadap orang lain. Kita seyogianya menerima perbedaan-perbedaan yang tidak dapat kita tolak, dan saling menghargai satu sama lain. Cobalah untuk memahami sudut pandang orang lain, meskipun ia berbeda dengan kita.

Dalam kehidupan masyarakat, sikap menghargai setiap orang wajib hukumnya. Kita akan lebih mudah menjalin hubungan yang baik dengan orang lain jika kita bisa bersikap menghargai perbedaan. Jangan pernah meremehkan orang lain atau merasa lebih baik daripada orang lain. Kita semua sama-sama manusia yang berhak dihormati.

Kita semua setara lho! Kita semua memiliki hak yang sama dengan potensi yang berbeda-beda. Jangan sampai merendahkan orang lain hanya karena merasa lebih unggul. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memahaminya dan melakukan tindakan yang merugikan orang lain. Misalnya, ada yang melakukan diskriminasi terhadap kelompok minoritas, mengejek atau membuli teman.

Together
info gambar

Oleh karena itu, kita semua memiliki bertanggung jawab untuk memperjuangkan hak-hak yang setara bagi semua orang. Kita juga mesti berani bersuara ketika ada tindakan yang merugikan orang lain. Dengan begitu setidaknya kita sedang berusaha menjadi agen perubahan dalam lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, kita juga wajib menghindari perilaku yang merendahkan orang lain. Contohnya adalah bercanda dengan nada menghina atau merendahkan seseorang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kita mesti menjaga lisan dan memperhatikan kata-kata serta memastikan bahwa tidak ada yang terluka atau merasa tersinggung.

Sudah saatnya kita semua memahami dan menghargai perbedaan yang ada di dunia ini. Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk dari yang lainnya. Kita semua memiliki hak yang sama dengan karunia potensi yang berbeda-beda. Kita perlu belajar untuk bersikap empati dan toleran terhadap orang lain, dan terlibat dalam memperjuangkan kesetaraan bagi semua orang. Kita semua setara lho!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WT
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini