Indonesia-Vietnam Optimis Kejar Target Perdagangan Rp221 Triliun

Indonesia-Vietnam Optimis Kejar Target Perdagangan Rp221 Triliun
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023).

Kedua pemimpin itu bertemu di sela-sela KTT ke-42 ASEAN untuk membahas upaya meraih target perdagangan senilai 15 miliar dolar AS atau setara Rp221,1 Triliun pada 2028.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menuturkan, Jokowi dan PM Vietnam optimis dapat mencapai target tersebut. Asalkan, semua hambatan perdagangan dikurangi atau bahkan dihilangkan.

“Selain itu, kedua pemimpin juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi terbarukan,” ucap Retno kepada wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut.

Retno menyampaikan, Jokowi dan PM Vietnam juga sepakat untuk segera menegosiasikan perjanjian investasi bilateral seiring dengan peningkatan investasi dari kedua negara. Tak hanya itu, mereka pun sepakat untuk menyelesaikan proses implementasi dan ratifikasi mengenai perundingan Zona Ekonomi Eksklusif ( ZEE) kedua negara.

"Kedua pemimpin sepakat bahwa proses pengaturan pelaksanaan dan ratifikasi harus segera diselesaikan," tandas Retno.

Dua Nama Kota Terbesar Vietnam: Ho Chi Minh City, atau Saigon?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini