Asyik! TransJakarta dan Trans Pakuan Akan Terhubung, Jalan-jalan Jakarta-Bogor Makin Mudah

Asyik! TransJakarta dan Trans Pakuan Akan Terhubung, Jalan-jalan Jakarta-Bogor Makin Mudah
info gambar utama

Bus TransJakarta dan Trans Pakuan direncanakan untuk saling terhubung. Nantinya, perjalanan Jakarta-Bogor akan jadi semakin mudah.

Rencana tersebut sudah dikemukakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Bogor kepada masyarakat. Pembahasan mengenai hal teknis terkait dihubungkannya TransJakarta dan Trans Pakuan juga masih berlangsung. Pembahasan ini dilakukan langsung oleh BUMD PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) dengan Perumda Trans Pakuan selaku perusahaan operator.

"Yang kedua masalah kerja sama transportasi ya kami mengajak kerja sama Trans Pakuan dan TransJakarta. Jadi nanti layanannya akan dikerjasamakan, gitu," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya, seperti dilansir ANTARA.

Opsi rute yang akan dilalui bus pun sudah dikaji. Nantinya, kemungkinan rutenya tidak akan melalui Kota Depok guna menghindari kemacetan di tengah kota.

"Enggak (jalur Depok), ada titik di Cawang nanti. mungkin layanan Trans Pakuan akan sampai Cawang. Pokoknya, nanti dicari titiknya disambungin, ada persambungan antara Trans Pakuan dan TransJakarta," lanjut Bima Arya.

Bima Arya optimistis koneksi antara TransJakarta dan Trans Pakuan bisa direalisasikan tahun ini.

Di sisi lain, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberi gambaran yang lebih jelas mengenai rute bus Jakarta-Bogor ini. Disebutkan Heru, bus dari Bogor akan masuk ke Jakarta melalui Cibubur.

"Kami sepakat, ada penambahan layanan rute (Trans Pakuan) dari Bogor ke Cibubur (Jakarta). Kami menjemputnya, menyambungnya di Cibubur untuk masuk ke kota Jakarta (dengan TransJakarta). Saat ini kami sedang urus perizinannya ke BPTJ," kata Heru.

Jenis-Jenis Transportasi Umum Massal di DKI Jakarta: Yuk Kenali Agar Tidak Bingung!

Menambah Pilihan Transportasi

Rencana dihubungkannya TransJakarta dan Trans Pakuan tentu menjadi angin segar bagi masyarakat, khususnya warga Jakarta dan Bogor. Ini akan membuat masyarakat punya lebih banyak pilihan moda transportasi dan perjalanannya bisa ditempuh dengan lebih efisien.

Saat ini, pemberhentian TransJakarta di Cibubur sudah menyediakan rute bus menuju Cawang. Namun, bus Trans Pakuan masih belum mencapai sana.

Selama ini, transportasi umum yang paling bisa diandalkan untuk berpergian Jakarta-Bogor adalah KRL Commuter Line. Setiap hari tersedia kereta dengan rute Bogor-Jakarta Kota.

Meski Commuter Line sangat bisa diandalkan, namun masyarakat yang tinggal jauh dari stasiun akan perlu membutuhkan waktu dan tenaga ekstra di jalan. Dengan adanya bus TransPakuan dan TransJakarta yang menghubungkan Jakarta dengan Bogor, maka waktu dan tenaga tersebut dapat dihemat.

Jejak Tangkiwood, Meriahnya Kampung Para Artis dari Barat Jakarta



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini