Beberapa Manfaat Olahraga Berkuda yang Terkenal Mewah

Beberapa Manfaat Olahraga Berkuda yang Terkenal Mewah
info gambar utama

Olahraga berkuda, atau yang juga bisa disebut menunggang kuda, bisa disebut sebagai keterampilan menunggang kuda. Olahraga berkuda dapat untuk tujuan rekreasi dan olahraga kompetitif. Dilansir dari nbea.ca, pada awal abad ke-20, acara berkuda pertama kali diperkenalkan di Olimpiade. Beberapa dari peristiwa ini masih terlihat sampai sekarang. Acara tersebut adalah show jum: dressage, ping, dan event.

Namun, kegiatan berkuda sudah berkembang dan memiliki lebih banyak variasi dari sebelumnya. Beberapa kompetisi berkuda adalah, seperti pacuan kuda ras murni, pacuan kuda, kuda seperempat Amerika, kuda Arab, akhal teke, appaloosas, kuda cat Amerika, menunggang ketahanan, dan menunggang dan mengikat. Ada juga balap baju zirah yang dilakukan di seluruh Eropa, Selandia Baru, dan Australia.

Baca juga: Jangan Malas! Ini 5 Olahraga Ringan yang Bisa Kawan Lakukan di Rumah
Olahraga berkuda | Foto: saibumi.id
info gambar

Kawan mungkin bertanya-tanya manfaat apa yang bisa didapatkan dari aktivitas yang hanya menunggangi seekor kuda? Kenapa olahraga berkuda bisa menjadi "mahal" dan populer? Lebih dari sekadar menunggangi kuda, berkuda sebenarnya cukup menantang secara fisik dan bisa memberikan efek terapeutik, sehingga baik untuk kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Adapun, olahraga berkuda yang dikenal mewah ini juga memiliki segudang manfaat di balik kegiatannya. Menunggang kuda adalah olahraga yang memiliki banyak manfaat fisik yang besar. Kawan mungkin berpikir bahwa menunggang kuda tidak jauh berbeda dengan menunggang kuda di taman hiburan. Kawan hanya melompat dan kudanya melakukan semua pekerjaan, bukan? Nyatanya, tidak cukup.

Dilansir dari topendsports.com, perjalanan satu jam berkuda dapat membakar kalori yang sama dengan jogging selama 30 menit (10 km/jam) atau bersepeda (14 km/jam). Oleh karena itu, semua manfaat kesehatan yang terkait dengan latihan kardiovaskular secara teratur dapat diperoleh. Setelah perjalanan pertama, olahraga berkuda dapat menjanjikan hal-hal berikut ini.

Seperti peningkatan keseimbangan dan kekuatan otot, koordinasi yang lebih baik, refleks yang lebih cepat, dan perencanaan motorik yang meningkat, peregangan otot, peningkatan rentang gerak sendi, peningkatan sirkulasi pernapasan, peningkatan visual mata (spasial) lebih baik, hingga peningkatan koordinasi antara mata dan tangan.

Pembangunan Proyek Strategis Nasional Irigasi Baliase di Sulsel Akan Dilanjutkan

Olahraga berkuda tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga manfaat mental dan emosional yang signifikan. Misalnya, meningkatkan kesehatan fisik, meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan keterampilan sosial, hingga menstimulasi pikiran. Hal ini dikarenakan berkuda adalah aktivitas yang bagus untuk membantu melatih pikiran dengan mengontrol hewan besar.

Manfaat emosional yang didapat dari olahraga ini juga sama pentingnya karena memiliki kualitas terapeutik yang sangat baik. Hal ini dikarenakan berolahraga berkuda melibatkan koordinasi dan komunikasi dengan kuda, yang dapat memicu stimulasi pikiran dan meningkatkan kecerdasan emosional.

Selain itu, hubungan dan rasa percaya yang berkembang antara pengendara dan kuda sangat bermanfaat. Belajar mengendalikan dan merawat hewan yang jauh lebih besar dari diri sendiri dapat memberikan efek mendalam pada kepercayaan diri dan dapat menjadi penghilang stres yang ampuh. Dengan demikian, olahraga berkuda juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa percaya diri, serta membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Terakhir, olahraga berkuda juga dapat sekedar menjadi kegiatan rekreasi yang menyenangkan dan memuaskan. Menghabiskan waktu dengan hewan dan berolahraga juga melepaskan hormon yang disebut serotonin yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres.

Demikian, berkuda dapat membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Dengan manfaat-manfaat yang ditawarkan, dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan, olahraga berkuda dapat meningkatkan kualitas hidup.

Namun, sebelum mencoba olahraga berkuda, pastikan Kawan memiliki kesehatan fisik yang memadai dan mendapatkan instruksi dari pelatih yang berpengalaman agar dapat menikmati manfaat olahraga ini secara maksimal dan menghindari risiko cedera.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini