Pangsa Pasar Gawai Apple Q1 2023 ‘Cerah’ di Indonesia, Ini Alasannya

Pangsa Pasar Gawai Apple Q1 2023 ‘Cerah’ di Indonesia, Ini Alasannya
info gambar utama

Saat ini memang ada banyak merek peralatan teknologi berjenis gawai yang masing-masing diandalkan masyarakat Indonesia, salah satu yang tak asing dan memiliki citranya sendiri sebut saja Apple.

Lekat dengan identitas prestise dan mewah jika dibandingkan beberapa merek pesaing, namun rupanya produk-produk teknologi asal perusahaan Amerika Serikat ini banyak menjadi pilihan utama bagi segelintir kalangan, karena kualitas dan keunggulan yang tidak dimiliki berbagai merek lain.

Terbukti, karena meski memiliki banderol harga lebih tinggi, laporan mengenai jangkauan konsumen produk Apple di tanah air setidaknya cukup ‘cerah’.

Merujuk laporan dari Statcounter misalnya, untuk wilayah Indonesia pada Q1 tahun 2023, pangsa pasar perangkat ponsel Apple menunjukkan pertumbuhan dari yang awalnya berada di kisaran 10,92 persen, menjadi 12,08 persen. Ditambah lagi, pertumbuhan tersebut terjadi di saat merek pesaing lain cenderung mengalami penurunan pangsa pasar.

Hal yang sama juga terjadi untuk perangkat tablet, di mana produk tablet Apple berada di peringkat ke dua paling diandalkan di Indonesia, dan mengalami pertumbuhan pangsa pasar meski tidak terlalu signifikan.

Karena itu, tak heran jika bersamaan dengan bertumbuhnya pangsa pasar yang dimiliki, partner atau keberadaan official store Apple di Indonesia juga mulai bertambah.

Keunggulan yang membuat produk Apple diandalkan

Pertumbuhan pangsa pasar yang terjadi dalam satu masa kuartal saja memang tidak bisa dijadikan acuan. Namun setidaknya, ada beberapa keunggulan yang selama ini diyakini menjadi alasan mengapa perangkat dan produk-produk Apple begitu digandrungi.

1. Kemudahan integrasi perangkat

Produk Apple didesain agar dapat terhubung dengan mudah antara satu sama lainnya. Misalnya, pengguna dapat menggunakan AirPods untuk menghubungkan iPhone Anda secara otomatis.

Hal yang sama juga dapat dilakukan antar perangkat Apple lainnya dalam hal keterhubungan perangkat. Sehingga, pengguna menjadi lebih mudah dan nyaman dalam memenuhi kebutuhan digital yang menggunakan teknologi gawai.

2. Kemudahan penggunaan sistem operasi

Sistem operasi yang digunakan pada produk Apple, yaitu iOS dan macOS, dirancang dengan user-friendly dan intuitif. Pengguna tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk mempelajari tata cara penggunaannya. Sehingga, produk-produk Apple dapat digunakan dengan mudah bahkan oleh pengguna pemula.

Alif Mahardika, Wakil Indonesia di Apple Worldwide Developer Conference 2022

3. Keamanan dan Privasi menjadi prioritasutama

Apple selalu mengambil langkah-langkah penting untuk melindungi data pengguna, mulai dari enkripsi data di perangkat, menjaga data pengguna, serta membatasi akses pihak ketiga terhadap data pengguna.

4. Kualitas kamera yang mumpuni

Sudah bukan menjadi hal asing lagi, selama ini produk-produk Apple khususnya pada perangkat ponsel dikenal dengan kualitas kamera dan pengolahan gambar yang sangat baik.

Salah satu pandangan yang selama ini diakui di antaranya mengenai teknologi Apple dalam pengolahan gambar, yang mampu menghasilkan gambar sangat detail dan realistis.

5. Kualitas bahan material

Menurut klaimnya, produk Apple dibangun dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi dan dirakit dengan konstruksi yang sangat baik.

Tak cukup sampai di situ, Apple juga diketahui menggunakan teknologi ramah lingkungan dalam pembuatan sejumlah produknya, guna memberikan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

Tak heran, jika keunggulan-keunggulan di atas menjadikan produk-produk Apple sebagai pilihan utama bagi banyak kalangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kabar baiknya, di Indonesia sendiri saat ini kembali bertambah official store Apple yang dapat memudahkan konsumen atau para pengguna setianya, untuk mendapatkan gawai sesuai dengan kebutuhan mereka, yakni official store Apple di Blibli. (Adv)

Hearo, Aplikasi Buatan Developer Indonesia yang Curi Perhatian Apple

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini