5 Rekomendasi Wisata Estetik di Nusa Tenggara Timur, Kawan Tertarik?

5 Rekomendasi Wisata Estetik di Nusa Tenggara Timur, Kawan Tertarik?
info gambar utama

Apakah Kawan bosan menikmati liburan di perkotaan, seperti Jakarta? Mungkin, Kawan juga bosan menikmati liburan di Puncak, Bogor atau Bandung. Jika Kawan menginginkan liburan yang anti mainstream, maka Kawan bisa mengunjungi provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selain menyajikan berbagai suku di sana, NTT juga menyajikan beragam wisata yang estetik dan recommended. Tentunya cocok untuk Kawan yang ingin mengunggah postingan baru di media sosial, seperti Instagram dan TikTok. Lalu, apa saja rekomendasi lokasi wisata di Nusa Tenggara Timur?

1. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana
info gambar

Bosan dengan kehidupan perkotaan, maka healing terseru adalah berkunjung ke pantai. Salah satu pantai terindah di Nusa Tenggara Timur adalah Pantai Lasiana. Pantai ini menyajikan pasir putih dengan hamparan ombak dengan tingkat kecil maupun sedang.

Ditambah, cuaca berawan beserta angin yang menerpa badan-badan pengunjung di Pantai Lasiana. Tentunya hal ini menambah kenangan manis di Pantai Lasiana yang terletak di Kupang Tengah. Diketahui, untuk masuk ke pantai ini, Kawan harus merogoh kocek sekitar Rp2.000 per orang. Jika Kawan mengendarai sepeda motor, maka dikenakan biaya Rp1.000 per motor. Apabila Kawan mengendarai mobil, maka dikenakan biaya Rp3.000.

Baca juga: Sorgum, Pangan Lokal Penjaga Ketahanan Pangan Masyarakat NTT di Tengah Krisis Iklim

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo
info gambar

Jika Kawan bosan melihat pantai, bagaimana dengan berkunjung ke pulau terindah di NTT? Yap, salah satu pulau berbahaya sekaligus terindah di NTT, yakni Pulau Komodo.

Penyebab dari bahaya tersebut adalah tersebarnya spesies komodo yang ada di pulau ini. Meskipun begitu, Kawan tetap bisa mengunjungi pulau ini tanpa takut dengan komodo karena sudah diawasi oleh pihak konservasi lingkungan.

Dalam pulau ini, Kawan bisa melihat hamparan rumput hijau yang ditiup angin. Tidak hanya itu, Kawan juga bisa melihat pawang-pawang yang sedang memberikan makan kepada komodo. Perlu diingat, Kawan tidak boleh berkunjung ke pulau ini ketika datang bulan atau menstruasi. Sebab, indera penciuman komodo sangat tajam sehingga mampu mencium keberadaan darah dari jarak yang sangat jauh.

3. Pulau Mules

Pulau Mules
info gambar

Yap, Kawan tidak salah membacanya. Pulau Mules (bukan menahan BAB, ya) adalah pulau yang terletak di selatan Flores, NTT. Kawan bisa memasuki pulau ini ketika berkunjung ke wilayah Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai.

Perlu diketahui, kata mules berasal dari bahasa manggarai, yakni molas (cantik). Tidak heran kalau pulau ini menyajikan pesona rumput hijau dengan bingkai lautan yang sangat cantik. Diketahui, ada 3 kampung yang terletak di Pulau Mules, yakni Labuan Tuar, Peji, dan Konggang.

Tiga kampung tersebut merupakan primadona bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Flores, NTT. Sebab, tiga kampung tersebut menyajikan pemandangan yang berbeda-beda, seperti perbukitan dan hewan ternak (Kampung Pei), batu korang dan pantai (Kampung Konggang), dan hamparan pasir putih halus dengan air laut yang berwarna hijau tosca (Kampung Labuan Tuar).

Baca juga: Lodok Lingko: Sawah Jaring Laba-laba yang Jaga Kedaulatan Petani di NTT

4. Taman Nasional Kelimutu

Taman Nasional di Indonesia
info gambar

Tidak enak rasanya kalau Kawan tidak berkunjung ke Taman Nasional Kelimutu selagi berlibur di NTT. Taman tersebut sangat populer di kalangan wisatawan karena menyajikan objek foto yang menarik. Objek foto yang dimaksud adalah air laut berwarna hijau tosca beserta beberapa bebatuan yang mengelilinginya.

Ditambah, Taman Nasional Kelimutu menyajikan berbagai spesies flora dan fauna yang berlalu lalang di sekitarnya. Tentunya hal ini menambah rasa bersyukur kita terhadap ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa.

5. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding
info gambar

Jika Kawan menginginkan liburan ke bukit atau pegunungan, maka Bukit Wairinding adalah jawabannya. Bukit ini terletak di Kelurahan Pambotanjara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Bukit ini menyajikan pesona hijau layaknya karya seni yang diukir dengan kanvas buatan Tuhan yang Maha Esa.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk menikmati sunrise dan sunset melalui bukit. Selain pesona bukitnya yang indah, Kawan juga bisa melihat berbagai flora dan fauna dengan bentang alam savana yang berbukit-bukit. Keren sekali!

Itulah beberapa rekomendasi wisata di NTT (Nusa Tenggara Timur). Kawan bisa menyajikan berbagai rangkaian wisata mulai dari pantai, taman nasional, danau, hingga bukit di NTT. Selain menyiapkan bucket list saat berlibur ke NTT, Kawan perlu menyiapkan budget untuk bertahan liburan di sana, ya.

Referensi: traveloka.com | indonesia.travel | gotravelly.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini