Timnas Baseball Putri Indonesia ke Piala Asia, Persaingan Menuju Piala Dunia Telah Menanti

Timnas Baseball Putri Indonesia ke Piala Asia, Persaingan Menuju Piala Dunia Telah Menanti
info gambar utama

Timnas Baseball Putri Indonesia akan beraksi di Piala Asia. Ajang tersebut merupakan pintu masuk menuju pentas yang lebih besar, yakni Piala Dunia.

Piala Asia di kancah baseball putri yang bernama resmi BFA Women's Baseball Asian Cup 2023 ini akan diselenggarakan di Hong Kong dalam waktu dekat ini, tepatnya pada tanggal 21 Mei hingga 1 Juni mendatang dengan mengambil tempat di Sai Tso Wan Recreation Ground, Kowloon.

Di Piala Asia, Timnas Baseball Putri Indonesia harus bersaing dengan 11 negara lain. Adapun negara yang juga ikut serta di Piala Asia kali ini adalah Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Hong Kong, Filipina, China, India, Pakistan, Malaysia, Sri Lanka, dan Thailand.

Indonesia telah menyiapkan tim berisi 18 pemain untuk beraksi di Hong Kong. Para pemain berasal dari dari 7 provinsi yakni Bali, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Acara pelepasan Timnas Baseball Putri Indonesia oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo juga telah dilaksanakan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Jumat (12/5) lalu.

"Kontingen Indonesia yang akan ke kejuaraan Asia ini adalah inspirasi. Terima kasih karena berkontribusi untuk tanah air semoga kalian semua menjadi juara. Terima kasih kepada semua pendukung mulai CdM, pelatih, Ketum, ofisial dan seluruh orang tua atlet," ujar Menpora Dito seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Timnas Indonesia Masuk Grup Maut, Tantangan Besar Menanti di Piala Asia 2023

Pintu ke Piala Dunia

Jika Timnas Baseball Putri Indonesia benar-benar menjadi juara seperti doa Menpora, maka kesempatan berlaga di level tertinggi otomatis akan diraih. Sebab, Piala Asia merupakan pintu untuk menuju Piala Dunia.

Ya, Piala Asia memang sekaligus menjadi ajang penyaringan untuk menentukan wakil Asia di Piala Dunia. Indonesia akan melalui babak kualifikasi dan berebut tempat untuk melaju ke babak final. Di babak final inilah akan dipilih 3 tim untuk masuk ke IX WBSC Women's Baseball World Cup tahun 2024 mendatang.

Babak kualifikasi akan diikuti oleh Indonesia, Bangladesh, India, Malaysia, Pakistan, dan Sri Lanka. Dua tim terbaik di kualifikasi selanjutkan akan menghadapi Jepang, China, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, dan Filipina di babak final.

Meski terbuka pintu ke Piala Dunia, perlu diketahui persaingan akan sangat berat bagi Indonesia. Sebagai gambaran, Jepang dan Taiwan merupakan dua tim finalis Piala Dunia edisi terakhir yang digelar pada 2018. Jepang juga adalah tim tersukses di Piala Dunia dengan koleksi 6 gelar juara.

Di Kamboja, Maria Natalia Londa Sang Veteran SEA Games Berhasil Memenuhi Harapannya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini