Unik, Intip Skripsi-Skripsi yang Membahas Anime

Unik, Intip Skripsi-Skripsi yang Membahas Anime
info gambar utama

Menentukan topik dalam skripsi adalah langkah penting dalam memulai karya akhir penelitian Kawan GNFI. Topik dalam skripsi sangat penting karena topik akan menjadi dasar dan arah penelitian yang Kawan lakukan.

Lebih lanjut, topik dalam sebuah skripsi ini juga akan menentukan fokus yang lebih terarah supaya penyebaran sumber daya menjadi efisien, topik juga menunjukkan bahwa sang peneliti memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam bidang tersebut, bahkan topik yang baik juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap bidang studi yang Kawan teliti.

Dalam keseluruhan, topik yang baik dalam skripsi akan memberikan landasan yang kuat untuk penelitian Kawan GNFI, menunjukkan kepakaran dan kontribusi, serta memotivasi Kawan GNFI dalam menjalankan penelitian. Oleh karena itu, penting untuk memilih topik yang tepat dengan cermat.

Namun, kasus-kasus unik yang tidak terbatas jangkauannya, bahkan bisa mencakup "luar realitas" manusia bisa diteliti dalam skripsi sekalipun. Anime, salah satunya. Jika kita terbiasa dengan skripsi yang erat kaitannya dengan topik "berat", topik anime mungkin menjadi hal baru. Pasalnya, di dunia perkuliahan ternyata tak sedikit orang yang menjadikan hobinya sebagai bahan skripsi. Ini dia daftar skripsi-skripsi unik yang mengangkat tema soal anime!

Baca juga:Rekomendasi 7 Situs Web untuk Cari Data Penelitian Skripsi
Anime | Foto: Pinhome
info gambar

1. Representasi Rasial dalam Serial Anime One PieceAnalisis Hermeutika Gadamer

Dalam rangka menyingkap isu rasialisme yang digambarkan dalam setiap arc-arc yang ada di One Piece, mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran Islam ini menganalisis representasi rasial dalam serial anime OnePiece. Melansir dari duniaku.idntimes.com, skripsi ini kemudian disajikan dengan menggunakan analisis hermeutika Gadamer.

2. Eklesiologi Trinitaris One Piece: Telaah terhadap Relasi Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dalam Anime One Piece Berdasarkan Pemikiran John D. Zizioulas dalam The One and The Many

Masih sama dengan topik sebelumnya, skripsi unik kedua yang penulis temukan masih membahas seputar One Piece. Dilansir dari asumsi.co, seorang mahasiswa Program Studi Teologi, Fakultas Teologi, Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, Sulawesi Selatan meraih gelar sarjana dengan mengangkat skripsi soal anime One Piece.

Mahasiswa angkatan 2018 bernama Faldy Ekal Tappe itu mengangkat skripsi yang menjelaskan cerminan pemikiran John D. Zizioulas dengan isi cerita anime tersebut. Di mana gereja tidak pernah ada dengan sendirinya, tetapi selalu berada di dalam relasi dan persekutuan dengan yang lain. Faldy menelaah bahwa relasi antarmanusia tercermin baik dalam serial anime One Piece.

Faldy juga menambahkan bahwa masih banyak serial anime lain yang bisa dikaji dalam bidang teologi, salah satunya karya Masashi Kishimoto “Naruto” yang bisa menyadarkan musuhnya lewat ceramah.

Baca juga: 5 Pelajaran Hidup Saat Menulis Skripsi!

3. Ambisi Tokoh Uchiha Itachi dalam Anime Naruto Shippuden Karya Masashi Kishimoto

Naruto kemudian menjadi topik selanjutnya yang dibahas. Dilansir dari unsoed.ac.id, skripsi yang dikeluarkan sebagai syarat lulus S1 dari Fakultas Ilmu Budaya, Prodi Bahasa dan Sastra Jepang, oleh Aisyah Shabrina ini membahas penokohan dan ambisi dari tokoh Uchiha Itachi dalam animeNaruto Shippuuden karya Mashashi Kishimoto.

Sumber data penelitian ini adalah dua belas episode anime Naruto Shippuuden yang memunculkan atau mendeskripsikan tokoh Uchiha Itachi, meskipun tokoh tersebut bukanlah tokoh utama. Hasil dari penelitian ini ialah penggambaran tokoh Uchiha Itachi dan penggambaran ambisi tokoh Uchiha Itachi mempertahankan kedamaian desa Konoha yang dipengaruhi beberapa faktor dan ambisi buruk.

4. Analisis Karakteristik Wakamono Kotoba dalamAnime HAIKYUU!! Karya Haruichi Furudate

Dilansir dari neliti.com, Dea Farauzhulli, seorang mahasiswa asal Universitas Negeri Semarang, mengajukan topik mengenai anime Haikyuu dalam skripsinya pada tahun 2017. Penelitian yang menggunakan metode deskriptif ini menjelaskan makna, kata asal, dan karakteristik wakamono kotoba. Sumber data yang digunakan adalah anime Haikyuu season 1 yang berdurasi 25 episode.

Jadi, bagaimana? Apakah Kawan GNFI ikut terinspirasi menulis skripsi dengan judul-judul unik seperti di atas?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini