Desa-desa Terbersih di Indonesia, Auto Kaget dengan Kebersihannya!

Desa-desa Terbersih di Indonesia, Auto Kaget dengan Kebersihannya!
info gambar utama

Apa yang terlintas ketika Kawan mendengar tentang desa? Kemungkinan besar Kawan akan berpikir tentang suatu pemukiman dengan jumlah penduduk yang sedikti beserta adat tradisional yang masih melekat. Diketahui, desa-desa di Indonesia sudah mencapai ribuan.

Meskipun begitu, ada beberapa desa yang sering disorot oleh pemerintah, bahkan dunia. Salah satunya soal kebersihan. Aspek penting ini memang harus diperhatikan baik pedesaan maupun perkotaan. Lalu, apakah ada desa terbersih di Indonesia? Banyak. Namun, desa-desa yang disorot kebersihannya sebagai berikut.

1. Desa Sumber Brantas, Batu Malang

Desa Sumber Brantas
info gambar

Desa yang terletak di Batu Malang ini menawarkan keindahan alam yang memukau mata. Selain dari keindahan alam, desa ini juga didukung dengan tingkat kebersihan yang luar biasa.

Masyarakat yang sering mengadakan kerja bakti dan saling membangun komoditas unggul di Desa Sumber Brantas. Dilansir dari wonosobozone.com, desa tersebut memiliki kafe dan titik mata air yang menjadi penunjang kehidupan masyarakat.

Baca juga: Desa Tetebatu, Pesona Alam Asri Lombok

Ditambah, ada wisata dengan gugusan bunga yang indah. Meskipun begitu, bunga itu tidak boleh dipetik karena kebijakan desa tersebut, ya.

2. Desa Penglipuran, Bali

Tidak enak rasanya kalau tidak memasukkan desa ini ke dalam list. Yap, Desa Penglipuran merupakan desa terbersih di dunia yang berada di Bali, loh. Jika Kawan mengunjungi desa ini, maka hiruplah udara sejuk sebanyak mungkin.

Ditambah, visual desa yang memukau dengan pesona khas Bali beserta bangunan candi yang menyertai desa ini. Pokoknya wajib untuk dimasukkan ke dalam list kunjungan wisata Kawan, deh.

Perlu diketahui, Kawan tidak boleh mengendarai sepeda motor ketika melewati desa ini. Hal ini demi menjaga desa tetap bersih akan pencemaran polusi. Selain itu, masyarakat di desa tersebut juga senang memelihara bambu dengan hutannya yang masih asri.

Jika berkunjung ke sana, Kawan tidak boleh melewatkan acara akhir tahunnya, yakni Penglipuran Village Festival. Acara ini sangat seru untuk diunggah ke dalam postingan media sosial Kawan.

3.Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang

Desa Pujon Kidul
info gambar

Jika Kawan berkunjung ke Kabupaten Malang, jangan lupa untuk berkunjung ke Desa Pujon Kidul. Yap, desa ini menawarkan keindahan alam yang mempesona bak desa di dalam cerita anak.

Baca juga: Desa Jatiluwih, Karisma Desa Wisata dengan Keanggunan Sawah Berundak

Kawan bisa melihat hamparan sawah hijau yang menghiasi desa ini. Ditambah, taman bunga yang berwarna-warni bak pesona alam di luar negeri. Beberapa aktivitas di desa ini yang bisa Kawan coba, seperti pengolahan susu sapi, budidaya tanaman, mencicipi minuman di Kafe Sawah, menikmati kebun buah, dan lain-lain.

4. Desa Pariangan, Sumatera Barat

Desa Pariangan
info gambar

Apa Kawan mengenal tentang Desa Pariangan? Desa yang mungkin belum banyak orang mengenal ini sempat masuk dalam list lima desa terindah di dunia, loh. Berdasarkan Budget Travel, Desa Pariangan menyandingi beberapa desa luar negeri lainnya, seperti Desa Wengen di Swiss, Eze di Perancis, Cesky Krumlov di Cekoda, Desa Niagara di Kanada.

Untuk alamnya, tak perlu ditanyakan lagi. Desa Pariangan dikenal dengan desa yang menawarkan suasana tenang beserta pesona wisata ala pedesaan. Kawan akan melihat sungai, tempat tradisional, dan tempat ibadah.

5.Desa Wae Rebo Flores, NTT

Desa Wae Rebo di NTT
info gambar

Kita beralih ke timur Indonesia, ada Desa Wae Rebo Flores di NTT. Desa terpencil ini merupakan desa terbersih yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Meski jumlah penduduknya sedikit, Kawan bisa melihat wisata budaya dan alam yang masih asri di desa ini.

Ditambah, desa ini terletak di 1.200 mdpal, jadi Kawan merasa tinggal di desa di atas awan, loh. Apakah Kawan tertarik untuk mengunjungi desa ini?

Itulah beberapa informasi terkait desa terbersih di Indonesia. Pastinya, ada banyak desa yang menawarkan kebersihan dan pesona alam yang tidak kalah indahnya. Maka dari itu, selalu jaga kebersihan dari kegiatan sehari-hari Kawan, ya.

Referensi: traveloka.com | wonosobozone.com | idntimes.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini