Fakta Menakjubkan Anatomi Nyamuk, Si Kecil yang Rumit

Fakta Menakjubkan Anatomi Nyamuk, Si Kecil yang Rumit
info gambar utama

Meskipun kecil, eksistensi serangga jenis nyamuk memiliki banyak jenis. Jumlah ini berkisar di angka 2450 jenis nyamk di dunia. Dari ribuan jumlha ini, sebanyak 457 variasi jenis nyamuk terindikasi berada di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh drh. Upik Kesumawati Hadi Kepala Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman (UKPHP) Institut Pertanian Bogor.

Keberdaan nyamuk ini perlu diwaspadai, khususnya manusia karena menjadi penyebab menjangkitnya banyak penyakit. Drh. Upik dalam laporan dari Antaranews, mengungkapkan bahwa nyamuk merupakan faktor pembunuhnomr satu dunia. Beberapa penyakit mematikan yang disebabkan oleh nyamuk yang terjadi di Indonesia antara lain: malaria, virus dengue, chikungunya, Japanese encephalitis, dan lain-lain.

Baca juga: Canggih! Teknologi Ini Bikin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Berisik Saat Melintas

Tahukah Kawan, dlam aktivitas parasistisme yang dilakukan nyamuk, hanya nyamuk betina yang menghisap darah manusia. Berdasarkan keterangan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dalam kasus general, nyamuk betina menghisap darah manusia sedangkan nyamuk jantan menghisap cairan tumbuhan. Nyamuk betina membutuhkan darah manusia sebagai nutrisi berupa protein dari darah manusia untuk mematangkan telurnya.

Kawan pernah melihat, bukan? Tentang nyamuk yang dapat menghisap darah hingga seakan perutnya hampir meledak. Meski menurut manusia itu adalah hal yang bisa menjadi bumerang bagi nyamuk, namun ternyata nyamuk memiliki mekanisme control dan filter yang presisi sesuai dengan kebutuhannya, lho.

Dengan beberapa deskripsi di atas, penulis mengkiaskan nyamuk sebagai serangga yang kecil-kecil powerful memberikan dampak bagi lingkungan. Tentu saja dampak ini didukung degan kemapanan bilogis nyamuk yang mumpuni untuk melakukan. Lantas, bagaimanakan anatomi nyamuk yang memiliki fisiologis sedemikian rupa? Mari kita telusuri lebih detail.

Mengutip dari Dinus.ac.id, anatomi merupakan sebuah ilmu untuk mempelajari bentuk dan susunan tubuh. Dalama pembahasan ini, anatomi nyamuk berarti membahas mengenai susunan dan bentuk tubuh nyamuk. Sedangkan fisiologi diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang fungsi dan cara kerja dari bentuk tubuh itu sendiri.

Baca juga:Melalui PYCH, Anak Muda Papua Ciptakan Merek Laptop dan HP Sendiri

Secara umum, anatomi tubuh nyamuk dibagi menjadi tujuh bagian, antara lain: palpus, antena, mata, rongga dada, kaki, perut, dan belalai. Ada beberapa fakta yang menghasilkan penelitian bahwa nyamuk memiliki anatomi tubuh rumit (tidak biasa dibandingkan dengan serangga lain) dan memiliki fungsi tubuh menakjubkan. Berikut diantaranya:

Mulut Nyamuk Terdiri dari Berbagai Jarum

Mulut nyamuk disebut juga dengan probosis. Berdasarkan laporan dari DW, probosis terdiri dari beberapa bagian tajam berupa jarum tipis untuk membantu nyamuk menusuk kulit dan mencari pembuluh darah untuk menyedot darah manusia. Setidaknya ada enam jarum tipis di probosis nyamuk.

Keenam jarum tersebut antara lain dua jarum disebut maxillae, dua jarum mandible (sepasang), jarum tajam, dan hyphopharynx. Maxillae digunakan untuk menembus kulit, mandible digunakan untuk memisahkan jaringan, jarum tajam digunakan untuk menembus ke dalam kulit, menusuk pembuluh, dan menghisap darah. Sedangkan hyphopharynx digunakan untuk mengeluarkan air liur nyamuk dan melepas zat kimia yang menjaga agar darah tetap mengalir.

Kompleksitas Kepala Nyamuk

Nyamuk Foto:Pixabay/ milkyway1315
info gambar

Mengutip dari laman SINTTESIS, kepala pada nyamuk memiliki fungsi sebagai organ sensorik. Beberapa bagian dalam anatomi kepala nyamuk antara lain: dua mata majemuk, mata fotosensitif, dan dua antena. Mata fotosensitif berfungsi untuk mengindikasi jenis cahayya, sedangkan dua antena berfungsi untuk berburu makanan.

Thorax

Thorax atau ada merupakan bagian atas dari tubuh nyamuk yang dilengkapi dengan dua sayap bersisik dan enam kaki halus. Luar biasanya, kaki ini berisi cakar kecil yang membantu nyamuk menempel di permukaan. Nyamuk memiliki tiga buah jantung.

Baca juga: Ribuan Ternak Mati Terserang Wabah Flu Babi Afrika, Apa Tindakan Pemerintah?

Abdomen

Abdomen atau bagaian perut nyamuk memiliki bentuk yang panjang dan sempit. Abdomen nyamuk terdiri dai spirakel, yaitu lubang kecil di kedua sisi perut berfungsi untuk menghirup udara.

Ratusan Mata

Nyamuk Foto: Pixabay/TimOFF
info gambar

Mengutip Dreampeneliti dalam bidang biologi melakukan zoom pada nyamuk sebesar 400 kali. Dalam penelitian ini diketahui bahwa nyauk memiliki sekitar 100 mata dan sekitar 48 gigi.

Dari pemaparan singkat mengenai keluarbiasaan anatomi nyamuk di atas, kita dapat mengambil hikmah bahwa kekuasaan pencipta itu menakjubkan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini