Dari Arena SEA Games 2023, Rahmat Erwin Abdullah Kembali Torehkan Prestasi Cemerlang

Dari Arena SEA Games 2023, Rahmat Erwin Abdullah Kembali Torehkan Prestasi Cemerlang
info gambar utama

Rahmat Erwin Abdullah kembali membuktikan diri sebagai salah satu atlet Indonesia paling cemerlang saat ini. Pencapaian di SEA Games 2023 adalah buktinya.

Rahmat Erwin Abdullah adalah atlet angkat besi kelahiran Makassar. Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, ia telah malang-melintang mewakili Indonesia di berbagai ajang internasional dengan sederet prestasi, di mana SEA Games adalah salah satu di antaranya.

Di SEA Games 2023, Rahmat kembali menjadi andalan Indonesia. Ia turun di kelas 81 kg putra kendati itu bukanlah kelas lomba andalannya. Ya, Rahmat memang biasa tampil di kelas 73 kg. Namun karena di kelas tersebut sudah ada Rizki Juniansyah, maka Rahmat dialihkan untuk mengisi kelas 81 kg.

Kendati demikian, Rahmat tetap melakoni pertandingan dengan penuh percaya diri. Hasilnya pun ciamik karena nyatanya ia mampu meraih medali emas.

Rahmat beraksi dalam pertandingan yang diselenggarakan di Olympic Complex: Taekwondo Hall, Phnom Penh, pada Senin (15/5/2023). Ada tiga pesaing Rahmat di sana, yakni Yin Sokleng (Kamboja), Thi Ha Aung (Myanmar), dan Chatuphum Chinnawong (Thailand).

Dalam angkatan snatch, Rahmat menorehkan angka 150 kg pada angkatan pertama. Lalu pada angkatan kedua, angka yang dicatatkan Rahmat mampu naik menjadi 158 kg. Angkatan itu kemudian menjadi yang terbaik karena tidak mampu disaingi oleh Chatuphum Chinnawong yang gagal saat melakukan angkatan dengan angka yang sama.

Kemudian dalam angkatan clean and jerk, Rahmat sempat tertinggal di awal saat Thi Ha Aung (Myanmar), dan Chatuphum Chinnawong bersaing ketat. Namun, Rahmat berhasil mencatatkan angkatan 190 kg yang sekaligus menjadi angkatan terbaik dan memastikan medali emas jatuh ke tangannya.

Tak puas hanya sampai di situ, Rahmat lanjut beraksi di angkatan terakhir dengam sebuah aksi fenomenal untuk penutup pertandingan ini: Melakukan angkatan seberat 201 kg.

5 Fakta Menarik Keikutsertaan Indonesia di SEA Games 2023

Rekor Fantastis

Pencapaian Rahmat di SEA Games 2023 ini terbilang fantastis. Bagaimana tidak, ia menyapu medali emas dalam tiga edisi SEA Games yang telah diikutinya, mulai dari 2019, 2021, hingga 2023.

Ini sebetulnya tidak mengherankan karena Rahmat sebetulnya sudah terbukti mampu menjadi juara dunia. Ia pernah menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi pada 2022 dan 2022.

Angkatannya di SEA Games 2023 juga menjadi rekor baru di pesta olahraga Asia Tenggara itu. Angkatan 201kg-nya melewati rekor SEA Games milik atlet Thailand Suepsuan Natthawut seberat 200kg di SEA Games 2021 .

Rahmat Erwin mengaku bisa menuntaskan angkatan 201 kg tanpa mengalami masalah. Sebab, ia merasa lebih enteng ketika mengangkat beban karena naik kelas.

"Karena berat badan saya naik, jadi lebih enteng saja mengangkat beban di kelas ini (81kg)," kata Rahmat seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Di Kamboja, Maria Natalia Londa Sang Veteran SEA Games Berhasil Memenuhi Harapannya



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini