Dari Mana Asal-usul Penyebutan Pempek Kapal Selam?

Dari Mana Asal-usul Penyebutan Pempek Kapal Selam?
info gambar utama

Indonesia terkenal dengan masakannya yang beragam dan lezat. Salah satu kuliner yang sudah dikenal akan kenikmatannya adalah atau pempek. Soal asalnya, tentu kawan GNFI sudah mengetahui kalau hidangan unik ini berasal dari Palembang, Sumatera Selatan.

Dari beberapa jenis pempek, salah satu jenis yang jadi favorit banyak orang adalah pempek kapal selam. Bentuknya yang besar dengan isian telur, lengkap dengan kuah cuko, timun, serta mie kuning membuatnya cocok dijadikan santapan berat.

Namun, pernahkah terpikirkan kenapa pempek jenis ini disebut sebagai kapal selam? Apakah karena bentuknya yang besar atau ada ceritanya tersendiri? Mari kita ketahui jawabannya.

Pempek, Dijajakan oleh Orang Tionghoa Hingga Menjadi Makanan Rakyat Palembang

Proses memasak adalah jawabannya

Pempek sendiri memiliki beberapa versi mengenai awal mulanya. Yang jelas, makanan ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda menduduki Indonesia. Namun, mengenai penyebutan jenis pempek berisi telur dengan bentuk besar sebagai kapal selam, ternyata merupakan istilah yang tergolong baru.

Kalau pada zaman dulu di Sumatra Selatan, pempek ini punya sebutan sebagai “pempek telok besak” yang artinya pempek telur besar. Lalu, mengapa pada akhirnya muncul penyebutan pempek kapal selam?

Jawabannya, ide penyebutan ini muncul karena proses memasak dari pempek kapal selam yang memang seakan-akan menyerupai kapal selam ketika beroperasi. Yang mana, pada awal perebusannya setelah dibentuk dari adonan, pempek ini ditenggelamkan ke dalam wadah berisi air.

Kemudian, ketika pempek tersebut hendak matang, lama kelamaan adonannya akan memadat dan muncul mengapung di atas permukaan air.

Salah satu koki dari Hotel Aryaduta Palembang bernama Arifin M Lubis ketika diwawancarai oleh Kompas pun menyebutkan kalau pempek kapal selam ini juga tidak ada kaitannya dengan besi ataupun kapal selam yang sesungguhnya.

“Saat proses merebus, pempek ini jatuh ke dalam (air rebusan) bentuknya juga lebih besar. Pempek ini tenggelam, makanya disebut kapal selam. Padahal tidak ada hubungan apa-apa dengan besi," ujar Arifin sebagaimana dikutip dari Kompas.

Jadi, apakah pertanyaan kamu sudah terjawab mengenai alasan penamaan pempek kapal selam?

Mantap! Pempek Jadi Salah Satu Seafood Terenak di Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini