Menilik Kolaborasi Pemerintah dan Diaspora untuk Promosikan Potensi Parekraf Indonesia

Menilik Kolaborasi Pemerintah dan Diaspora untuk Promosikan Potensi Parekraf Indonesia
info gambar utama

Pemerintah mengajak diaspora Indonesia di luar negeri untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di pasar internasional melalui brand Wonderful Indonesia.

Ajakan tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar “Indonesia Tourism Beyond Borders” pada Rabu (10/5/2023. Menurutnya, kolaborasi yang kuat dari berbagai pihak diperlukan dalam mempromosikan potensi parekraf di Indonesia.

“Dengan menguatkan sinergi dan kolabroasi, sekor parekraf akan bangkit lebih kuat dan target 8,5 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2023 dapat tercapai, serta memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga, dilansir dari laman resmi Kemenparekraf.

Diaspora Indonesia yang berada di luar negeri memiliki peran penting dalam kolaborasi itu. Mereka disebut menjadi salah satu aset berharga yang dapat membantu promosi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara.

Industri Digital Kreatif di Indonesia: Peluang Bisnis, Potensi Ekonomi, dan Tips Karier

Kolaborasi yang kuat

Melalui kolaborasi yang kuat, sektor parekraf Indonesia mampu bertahan di masa pandemi COVID-19, hingga mengembangkan diri dan mendapatkan banyak respon positif dari komunitas internasional.

Salah satu contohnya saat pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, sektor parekraf menerima respon baik dari negara-negara anggota delegasi.

Momen ini menjadi bukti bahwa destinasi Indonesia tidak hanya indah bentah alamnya, tetapi juga memiliki masyarakat yang ramah, budaya yang inspiratif serta fasilitas dan atraksi berkelas dunia.

Sementara itu, webinar yang juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf itu, dikatakan sebagai upaya pemerintah untuk memperkuat hubungan kolabor-aksi antara Wonderful Indonesia dengan pemangku kepentingan dan mitra Wonderful Indonesia di luar negeri.

Turut hadir dalam acara daring tersebut, Founder dan Chairman Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal; President of United in Diversity dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya; serta sejumlah diaspora Indonesia.

Libur Lebaran 2023 Ciptakan Perputaran Ekonomi Sektor Parekraf Hingga Rp150 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini