Mengenal Universal Basic Income di Finlandia

Mengenal Universal Basic Income di Finlandia
info gambar utama

Gagasan Universal Basic Income (UBI) atau Jaminan Penghasilan Dasar universal merupakan konsep dimana setiap anggota masyarakat akan menerima hibah tunai bulanan terlepas dari pendapatan serta keadaan pribadi mereka. Dilansir dari intereconomics.eu, konsep atau proposal UBI sendiri bervariasi dalam lintas ideologi dan disiplin ilmu politik serta dalam konteks sejarah dan geografis yang berbeda.

Negara yang tergabung dalam kelompok negara Skandinavia dikenal sebagai rumpun negara yang mengadopsi konsep negara kesejahteraan (Welfare State). Negara Kesejahteraan akan familiar dengan program pemerintah yang menyasar utamanya pada jaminan sosial seluruh warga negara. Finlandia menjadi salah satu negara di rumpun Skandinavia yang pernah mengadopsi UBI sebagai opsi kebijakan untuk mencapai sasaran tersebut.

Pada tahun 2017, melansir dari weforum.org, pemerintah Finlandia memutuskan untuk melihat apa yang akan terjadi jika memilih 2.000 warga yang menganggur secara acak dan memberi mereka cek 560 euro atau 635 dollar US setiap bulan selama dua tahun. Peserta diyakinkan bahwa mereka akan terus menerima uang jika mereka mendapat pekerjaan.

Baca juga:Indonesia Kirim 140 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Turki dan Suriah
UBI Illustration l | Foto: Venture Magazine
info gambar

Eksperimen tersebut menghasilkan fakta bahwasanya bantuan tunai tidak membantu mereka mendapatkan pekerjaan, tetapi itu membuat mereka merasa lebih bahagia dan memiliki indikasi terhadap pengurangan stres. Para penerima juga melaporkan bahwa mereka merasa lebih percaya terhadap orang lain dan lembaga-lembaga sosial, partai politik hingga polisi, dan bahkan pengadilan daripada sebelum mendapatkan penghasilan dasar (basic income). Pada akhirnya Finlandia mengakhiri trial atau percobaan kebijakan pemenuhan kebutuhan dasar lewat bantuan tunai ini pada 2018.

Kemudian apakah program pemenuhan pendapatan dasar berhasil di Finlandia? Setelah eksperimen kebijakan UBI resmi dihentikan Pemerintah Finlandia pada 2018, terdapat temuan menarik yang mana menunjukkan peningkatan di salah satu atau lebih aspek dan pula penurunan pada aspek lainnya.

Dilansir dari weforum.org, program yang sudah berjalan dua tahun di Finlandia menunjukkan bahwa peserta yang diberi 560 euro per bulan memperlihatkan efek positif pada kesehatan dan stres, tetapi tidak ada peningkatan status kerja. Tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok penerima dalam hal pekerjaan.

Baca juga: Kemerduan Musik Banyuwangi yang Menjadi Tuan Rumah di Tanah Sendiri

Namun, hasil survei menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok penerima dalam berbagai aspek kesejahteraan. Hasil penelitian pada tahun pertama percobaan kebijakan menunjukkan individu yang menerima bantuan pendapatan dasar tidak memiliki peluang atau tendensi lebih besar untuk memperoleh pekerjaan jika dibandingkan dengan individu lain yang tidak menerima bantuan UBI.

Dalam hal persepsi tentang kesehatan, penerima bantuan melaporkan bahwa mereka merasa lebih baik dalam hal kesehatan apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima program bantuan.

Dilansir dari weforum.org, peneliti memisahkan dua kelompok penerima dan non penerima menjadi kelompok uji dan kontrol. Mereka yang berada dalam kelompok uji mengalami masalah yang jauh lebih sedikit terkait dengan kesehatan, stres dan kemampuan untuk berkonsentrasi daripada mereka yang berada dalam kelompok kontrol. Mereka yang berada dalam kelompok uji juga jauh lebih percaya diri di masa depan mereka sendiri dan kemampuan mereka untuk mempengaruhi masalah sosial daripada kelompok kontrol.

Akhir kata, benefit dan langkah-langkah transfer pendapatan secara umum adalah salah satu ciri khas negara kesejahteraan Nordik dan penerimaan publik terkait langkah tersebut pun sangat kuat di Finlandia sendiri. Data yang dilansir dari nytimes.com menghimpun bahwa 75% populasi Finlandia ingin agar negara mengurangi masalah disparitas pendapatan. Jajak pendapat mengenai kebijakan UBI pasca pemberhentiannya menghasilkan 51% responden menyatakan kebijakan UBI Pemerintah Finlandia adalah ide yang baik, dibandingkan hanya 21% yang menganggapnya sebagai ide yang buruk.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini