Deretan 5 Universitas Swasta di Yogyakarta yang Berkualitas, Kamu Pilih Mana?

Deretan 5 Universitas Swasta di Yogyakarta yang Berkualitas, Kamu Pilih Mana?
info gambar utama

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan kota Gudeg memiliki mantra tersendiri bagi para pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Pesona daerahnya yang begitu memikat, maka Tak heran jika banyak pelajar atau mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia berbondong-bondong datang ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Untuk urusan perguruan tinggi, di Yogyakarta juga sangat banyak pilihan mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi. Kampus-kampus tersebut juga menawarkan keunggulannya masing-masing.

Bukan menjadi rahasia umum lagi, akan ada rasa tersendiri bagi mereka yang pernah atau sedang mengenyam pendidikan di Yogyakarta. Rasa itu tentunya juga akan terbawa seumur hidup sehingga sewaktu-waktu dapat menumbuhkan rasa kangen untuk selalu ingin datang kembali ke Yogyakarta. Buat kawan yang ingin kuliah ke Yogyakarta, berikut ini beberapa universitas swasta yang bisa kawan pilih.

5 Universitas Swasta yang Berkualitas di Yogyakarta

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

umy
info gambar

Universitas swasta berkualitas di Jogja yang pertama adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta(UMY). UMY sendiri berlokasi di wilayah Bantul tepatnya berada di Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sendiri memiliki 8 fakultas dengan berbagai program studi. Untuk akreditasi dari program studi UMY pun sudah tidak perlu diragukan, karena banyak yang sudah terakreditasi A sehingga bagi kawan yang ingin mendaftar sudah tidak perlu untuk meragukan kampus ini.

Simak! Ini 7 Fakta Menarik Kampus UI yang Perlu Kamu Ketahui

2. Universitas Ahmad Dahlan

uad
info gambar

Universitas Ahmad Dahlan atau yang biasa disebut UAD sudah berdiri sejak tahun 1994 tepatnya pada tanggal 19 Desember 1994. UAD merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta ini pada awalnya merupakan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. UAD ini berlokasi di Jl. Kapas No.9, Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menjadi salah satu kampus swasta terbaik di Jogja, Universitas Ahmad Dahlan memiliki 11 fakultas yang terdiri dari program sarjana, program magister, program profesi dan juga program vokasi. Setiap fakultas ini juga terdiri dari beberapa program studi yang mempelajari bidang ilmunya masing-masing. UAD juga dikenal banyak prestasi, hal itu ditunjukkan dengan banyaknya lulusan yang sangat berkompeten di bidangnya. Tenaga pendidiknya juga ahli di bidangnya. Untuk itu kawan yang ingin kuliah di UAD bisa memilih jurusan yang sesuai dengan passion masing-masing.

3. Universitas Islam Indonesia

uii
info gambar

Universitas swasta di Jogja yang terkenal dan berkualitas selanjutnya adalah Universitas Islam Indonesia(UII). Universitas swasta yang berlokasi di Jl. Kaliurang No.Km. 14,5, Krawitan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini sudah berdiri sejak 8 Juli 1945. Tidak hanya di Jogja, Universitas Islam Indonesia atau yang sering dikenal dengan UII ini tidak hanya menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jogja, namun juga di Indonesia.

Tidak hanya program sarjana saja, Universitas Islam Indonesia juga memiliki program diploma. Dengan adanya kedua program tersebut, bagi kawan yang ingin kuliah di UII, kawan bisa menentukan sendiri untuk menempuh jenjang sarjana ataupun diploma.

4. Universitas Sanata Dharma

usd
info gambar

Universitas swasta di Jogja yang berkualitas selanjutnya adalah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta(USD). Salah satu universitas swasta terbaik ini memiliki 5 kampus dan berada di beberapa wilayah di Yogyakarta.

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan USD ini memiliki 7 fakultas dan 1 program pasca sarjana. Fakultas tersebut memiliki beragam program studi yang berkualitas yang dapat dipilih. Kualitas dari USD tersebut juga sudah tidak perlu diragukan lagi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang dimiliki. Lulusan dari universitas ini juga tentunya berkompeten untuk menerapkan ilmunya di lingkungan masyarakat dan di dunia kerja.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka Buka Peluang Kolaborasi dengan Inggris

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

uajy
info gambar

Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga menjadi salah satu universitas swasta di Jogja yang bagus dan terkenal. Universitas ini sudah berdiri sejak 27 September 1965. Apabila kawan ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi swasta ini, maka sudah tidak perlu ragu lagi. Ada banyak pilihan program studi yang dapat kawan pilih, prodi ini juga memiliki kualitas baik dan sudah terakreditasi A.

Universitas ini juga mempunyai banyak prestasi di berbagai bidang. Lulusannya juga dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten. Kampus ini berlokasi di Jl. Babarsari No.44, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itulah rekomendasi 5 universitas swasta di Yogyakarta yang berkualitas untuk kawan pilih jika kawan ingin kuliah di Jogja. Tidak hanya univeritas negeri saja yang berkualitas, banyak universitas swasta yang juga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

N
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini