Wisata Sambil Mengenal Satwa di NTB, Bisa Pilih Mau ke Lombok Wildlife Park atau Mini Zoo

Wisata Sambil Mengenal Satwa di NTB, Bisa Pilih Mau ke Lombok Wildlife Park atau Mini Zoo
info gambar utama

Nusa Tenggara Barat punya tempat yang cocok untuk berwisata sambil mengenal satwa. Setelah Lombok Wildlife Park, akan hadir pula mini zoo.

Ya, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memang dikenal dengan keindahan alamnya dengan aneka ragam flora dan fauna sebagai penghuninya. Oleh karena itu, NTB cocok disambangi oleh siapapun yang ingin lebih dekat dengan alam.

Khusus bagi wisatawan yang ingin lebih dekat alam sembari mengenal satwa, NTB punya Lombok Wildlife Park yang terletak di Sigar Penjalin, Lombak Utara. Di sana, terdapat koleksi aneka satwa mulai dari gajah, orangutan, beruang, hingga reptil seperti ular piton. Total, ada 195 satwa dari 50 spesies di sana.

Sebagai taman margasatwa, Lombok Wildlife Park dalam laman resminya menyebut bahwa mereka memiliki tim terlatih secara profesional yang mampu memenuhi semua kebutuhan hewan. Mereka juga mengklaim punya metode untuk melestarikan, merawat, dan melatih setiap hewan di sana.

Dengan segala yang mereka tawarkan, Lombok Wildlife Park sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mengenal satwa lebih dekat di lingkungan yang mendekati alamnya.

Pesona Desa Hilisimaetano Nias, Dari Rumah Adat, Tarian Perang, Hingga Batu Megalitik

Kebun Binatang Mini Segera Hadir

Nantinya, Lombok Wildlife Park tidak akan menjadi satu-satunya destinasi wisata di NTB yang memungkinkan wisatawan berinteraksi dengan satwa. Kini, dihadirkan pula mini zoo alias kebun binatang mini yang bisa dijadikan opsi untuk dikunjungi.

Dinas Pariwisata Kota Mataram, Nusa Tenggara, mulai merintis kebun binatang mini di Taman Loang Baloq. Dengan sejumkah satwa yang sudah ada dan akan terus ditambah, fasilitas tersebut diharapkan bisa menjadi sarana edukasi satwa bagi masyarakat.

"Karena anggaran kami belum memungkinkan untuk membangun fasilitas kebun binatang, jadi kami mulai dengan koleksi beberapa jenis binatang di areal Taman Loang Baloq sebagai rintisan," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi seperti dilansir ANTARA.

Saat ini, satwa yang sudah ada di kebun binatang mini Taman Loang Baloq antara lain, angsa, burung, dan iguana. Pengelola pun sudah punya rencana mengenai hewan apalagi yang berikutnya akan didatangkan.

Tidak hanya koleksi satwa yang ditambah, area kebun binatang mini juga akan diperluas dengan memanfaatkan lahan yang telah tersedia. Rencananya, di bagian utara akan disediakan tempat bermain anak. Dengan demikian, kebun binatang mini ini akan jadi ramah anak.

"Untuk membangun fasilitas mini zoo ini kita masih memiliki lahan yang cukup luas di bagian utara," kata H Nizar Denny Cahyadi.

Gunung Rinjani Segera Punya Kereta Gantung Terpanjang di Dunia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini