SEA Games Rampung, Giliran Atlet Disabilitas Indonesia Beraksi di ASEAN Para Games 2023

SEA Games Rampung, Giliran Atlet Disabilitas Indonesia Beraksi di ASEAN Para Games 2023
info gambar utama

SEA Games 2023 telah berlalu. Kini, ASEAN Para Games 2023 gantian bakal segera digelar.

Gelaran SEA Games 2023 baru saja berlalu. Namun, masyarakat dipastikan belum akan kehabisan suguhan berupa duel para para atlet terbaik dari seluruh penjuru Asia Tenggara. Sebab, ada ASEAN Para Games 2023 yang menanti.

Ya, ASEAN Para Games 2023 dijadwalkan akan berlangsung tak lama setelah SEA Games 2023 berakhir. Ajang bagi atlet penyandang disabilitas itu akan dihelat di Phnom Phenh, Kamboja, pada 3 hingga 9 Juni mendatang.

Untuk diketahui, ASEAN Para Games 2023 adalah ajang yang melibatkan atlet disabilitas dengan kategori mulai dari Amputasi, Kursi Roda, Cacat, Penglihatan, Les Autres, hingga Cerebal Palsy. Cabang olahraga yang dilombakan pun diadaptasi dari olahraga olimpik yang mengalami penyesuaian aturan dan teknis permainan agar bisa dimainkan oleh atlet disabilitas.

5 Fakta Menarik Keikutsertaan Indonesia di SEA Games 2023

Target Tinggi

Indonesia tampak tak mau main-main dalam menyambut ASEAN Para Games 2023. Target paling tinggi pun dipasang, yaitu menjadi juara umum.

Indonesia sebelumnya berhasil menjadi juara umum dalam dua gelaran ASEAN Para Games terakhir, yakni pada tahun 2017 dan 2022. Di Kamboja, Indonesia mengincar gelar ketiga secaa beruntun.

"Kami ingin mencetak sejarah dengan tiga kali secara berurutan menjadi juara umum ASEAN Para Games (APG). Ini akan menjadi catatan sejarah yang sulit disamai oleh negara lain," kata Chef de Mission (CDM) Kontingen National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia Adi Herman seperti diwartakan ANTARA.

Tidak cuma menjadi juara umum, Indonesia juga punya target medali. Dari target raihan medali emas, perak, hingga perunggu, semua sudah ditentukan.

"Target NPC Indonesia pada APG Kamboja Mei mendatang adalah bisa meraih juara umum dengan 123 emas, 92 perak, dan 84 perunggu," lanjut Adi Herman.

Sepanjang sejarahnya, ASEAN Para Games sudah sebelas kali digelar. Indonesia tercatat menjadi juara umum sebanyak tiga kali, yakni pada tahun 2014, 2017, dan 2022.

Dengan target tersebut, pencapaian di Solo dalam edisi terakhir pada tahun 2022 bisa kembali terulang. Saat itu, Indonesia memasang target 104 medali emas. Namun pada kenyataannya, atlet-atlet Tanah Air justru bisa memborong 174 emas.

Indonesia juga punya sejumlah cabor yang menjadi andalan untuk mendulang emas. Cabor tersebut di antaranya adalah atletik, renang, dan tenis meja.

Jangan lupa, catat tanggalnya dan saksikan aksi-aksi pahlawan olahraga Tanah Air di ASEAN Para Games 2023!

Di Kamboja, Maria Natalia Londa Sang Veteran SEA Games Berhasil Memenuhi Harapannya





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini