Tips Menabung untuk Kurban Edisi Idul Adha 2023

Tips Menabung untuk Kurban Edisi Idul Adha 2023
info gambar utama

Apakah Kawan sedang atau ingin berkurban? Tentunya butuh persiapan yang panjang dan seru ketika Kawan ingin berkurban. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah uang. Nantinya, uang itu bisa membeli hewan kurban, seperti kambing, sapi, domba, atau unta.

Maka dari itu, untuk mempersiapkannya, Kawan harus menabung secara hati-hati. Jika Kawan bekerja, maka ada beberapa tips menabung untuk kurban. Sebelum itu, kita harus mengetahui manfaat kurban, ya.

Manfaat Berkurban

Sebenarnya ada banyak manfaat dalam berkurban. Nah, secara singkat, berikut manfaat berkurban yang harus Kawan tahu.

1. Meningkatkan Iman dan Takwa kepada Allah SWT

Bagi umat Islam, berkurban adalah salah satu bentuk kecintaan kita terhadap Allah SWT. Dengan berkurban, Kawan akan mendapat pahala yang melimpah. Tentunya, hal inilah yang didambakan oleh umat Islam di Indonesia, bahkan global.

2. Meningkatkan Rasa Bersyukur

Dengan berkurban, Kawan akan merasa bersyukur dengan hal-hal yang Kawan punya. Ditambah, Kawan juga bersedekah dengan banyak orang dan menebar kebahagiaan. Rasa bersyukur membuat Kawan tidak sombong dan merasa menang sendiri daripada orang lain.

Baca juga: Tradisi Kurban Ayam untuk Meramal Nasib pada Masa Depan di Flores

3. Sebagai Penebus Dosa

Kawan mendapat pengampunan dosa oleh Allah SWT. Hal itulah yang menjadi manfaat berkurban. Justru, Kawan mendapat pahala berkali-kali lipat. Ditambah, jika Kawan kurban untuk seseorang, maka seseorang tersebut akan dihapus dosanya dan Kawan akan mendapat pahala.

Itulah beberapa manfaat singkat tentang berkurban. Tentunya masih banyak manfaat kurban yang bisa kamu dapatkan. Untuk itu, Kawan harus menabung agar kurban dapat tercapai.

Tips Simpel Menabung Uang untuk Kurban

Sapi
info gambar

Bagaimana sih cara menabung uang untuk kurban? Apakah butuh beberapa tahun untuk membeli hewan kurban? Sebenarnya uang kurban dapat dikumpulkan jika Kawan memiliki ambisi yang kuat untuk beribadah. Berikut beberapa tips simpel menabung uang untuk kurban.

1. Masukan Prioritas Keuangan Kawan

Langkah pertama adalah memasukkan kegiatan tabungan untuk kurban Kawan ke dalam list prioritas keuangan, ya. Cobalah untuk mencatat keuangan Kawan selama sebulan dan sisihkan uang Kawan ke dalam prioritas atau laporan keuangan pribadi Kawan, ya.

2. Mengikuti Program Tabungan dari Amil Zakat

Ada banyak lembaga amil zakat atau bank syariah yang mengadakan program tabungan untuk berkurban. Program ini biasanya mematok setoran awal sekitar Rp50.000 - Rp100.000. Lalu, Kawan bisa menyisihkan setiap bulannya Rp25.000 - Rp50.000.

Diketahui, program tabungan kurban tersebut bisa berbeda-beda tergantung kebijakan lembaga amil zakat atau bank. Bagaimanapun, cara ini terbilang efektif karena Kawan bisa memiliki kebiasaan menabung sekaligus bersedekah dengan kurban.

Baca juga: Mengenal Jenis Kambing Kurban Unggulan yang Ada di Indonesia

3. Ikut Arisan Kurban

Apakah itu arisan kurban? Yap, hampir mirip dengan arisan ibu-ibu, arisan kurban adalah Kawan harus menyetorkan uang yang disepekati bersama setiap bulannya. Meskipun begitu, Kawan harus menghindari penipuan yang sering terjadi saat arisan kurban.

Maka dari itu, perhatikan jumlah arisan, jumlah peserta, periode waktu arisan, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan arisan tersebut. Kawan juga harus peka terhadap keuangan Kawan agar tidak telat dalam menyisihkan uang arisan kurbannya.

4. Masukkan ke Instrumen Investasi

Perlu diketahui, harga kambing dan sapi akan naik ketika menjelang Idul Adha. Maka dari itu, Kawan bisa melakukan investasi ke beberapa instrumen. Salah satu instrumen investasi yang rendah risiko adalah reksadana. Kawan juga bisa mencari produk-produk investasi syariah, seperti emas atau produk investasi lainnya.

Perlu diingat, Kawan harus menimbang beberapa kelebihan dan kelemahan di masing-masing instrumen investasi. Dengan begitu, Kawan tidak cut loss saat membeli hewan kurban.

5. Pakai Jasa Titip

Jika Kawan sulit menabung untuk kurban, Kawan bisa menggunakan jasa titip. Jasa titip ini sebenarnya bisa berasal dari orang tua. Kawan akan menyisihkan uang kurban kepada orang tua. Nantinya, orang tua Kawan akan menyimpan itu di tempat yang aman.

Kawan juga bisa membuat rekening baru untuk memisahkan antara tabungan hidup dan tabungan kurban. Cara ini juga efektif agar Kawan bisa konsisten untuk menabung setiap bulannya demi kurban.

Itulah beberapa informasi tentang tips menabung untuk kurban. Perlu diketahui, dalam menabung, Kawan harus memiliki sikap konsisten dan disiplin agar tujuan Kawan dapat tercapai. Selain sikap tersebut, Kawan harus rajin ibadah agar urusan untuk mendapat rezeki jauh lebih mudah.

Referensi: cermati.com | glints.com | sulses.dompetdhuafa.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini