Hebat! Guru Indonesia Terima Sertifikasi Google Terbanyak di Asia Pasifik

Hebat! Guru Indonesia Terima Sertifikasi Google Terbanyak di Asia Pasifik
info gambar utama

Indonesia menjadi negara yang memiliki jumlah pelatihan dan sertifikasi guru level 1 dan level 2 terbanyak di Asia Pasifik. Hal ini disampaikan oleh Country Level Google for Education Indonesia, Olivia husni Basrin, pada Senin (22/5/2023) seperti dilansir dari Tempo.co.

Dalam paparannya, Google saat ini telah memberikan pelatihan digital tentang alat pendukung Google kepada lebih dari 14,7 ribu guru di Indonesia. Lebih lanjut, pendidik tersertifikasi Google ini diketahui telah diakui secara internasional.

Sementara itu, di tingkat nasional, Jawa Timur menjadi provinsi terbanyak dengan jumlah guru tersertifikasi Google. Posisi berikutnya diikuti oleh Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan. Adapun di Asia Pasifik, jumlah guru tersertifikasi Google ini melampaui negara-negara lain, seperti Jepang, maladewa, Filipina, dan Malaysia.

Yu Mum, Guru Ngaji Kampung di Lereng Bukit Siwuni

Guru dalam transformasi pendidikan

Guru memiliki peran penting dalam transformasi pendidikan. Dengan penguasaan teknologi, guru akan lebih berdampak terhadap pembelajaran siswa. Oleh karena itu, guru memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia.

“Kami percaya teknologi dapat mentransformasi pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan akses informasi, memperluas kesempatan belajar, dan mendorong siswa untuk ikut aktif dalam proses belajar-mengajar.” kata Olivia.

Sementara itu, Vice President di Google for Education, Shanantanu Sinha juga menuturkan bahwa teknologi sangat penting dalam meningkatkan kualitas pengajar. Hal ini dapat dirasakan ketika pandemi COVID-19, di mana para guru dan murid belum bisa melakukan proses belajar mengajar.

Saat itulah, teknologi memainkan peran penting dalam penyampaian materi. Selain itu, para guru juga bisa meminimalkan pekerjaan administrasi hingga empat jam setiap minggu.

6 Alasan Kenapa Jadi Guru Itu Keren, Makin Bangga!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini