Memahami Brain Road Map, Perbedaan Pola Pikir Laki-Laki dan Perempuan

Memahami Brain Road Map, Perbedaan Pola Pikir Laki-Laki dan Perempuan
info gambar utama

Benarkah brain road map (jalur kerja otak) laki-laki dan perempuan berbeda sehingga berpengaruh pada kecenderungan pola pikir masing-masing? Berdasarkan informasi dari UNSW Sydney, brain road map atau peta jalur otak didefinisikan dengan sebuah sistem kerja otak sebagai jaringan yang saling berhubungan dan memiliki implikasi penting.

Melansir dari laman Mail Online, hasil kerja ilmuwan menghasilkan beberapa kesimpulan mengenai jalur kerja otak antara laki-laki dan perempuan yaitu otak laki-laki terhubung untuk kesadaran spasial dan keterampilan motorik yang lebih baik dan otak perempuan terhubung untuk memberikan keunggulan dalam memori dan kognisi sosial.

Brain Road Map
info gambar

Mengutip laporan dari The Guardian , scientist memindai sekitar 1.000 otak untuk meneliti dan memastikan hasil mengenai apakah ada perbedaan signifikan dalam susunan otak laki-laki dan perempuan yang berpengaruh pada kecenderungan pola pikir masing-masing. Hasil menunjukkan, kabel saraf otak perempuan, rata rata terhubung dengan belahan kiri dan kanan. Sedangkan susunan kabel saraf otak laki-laki cenderung terhubung ke bagian depan dan belakang.

Baca juga: Pesona Masjid An-Nawier, Arsitektur Bergaya Neoklasik yang Bertahan 2 Abad

Peneliti dari University of Pennsylvannia bernama Ragini Verma berkontribusi dengan temuan penelitian yang menghasilkan bahwa otak laki-laki tampak memiliki kecenderungan pada persepsi dan kegiatan yang terkoordinasi. Sedangkan otak perempuan memiliki kecenderungan kepada keterampilan sosial dan ingatan, hal inilah yang mendukung perempuan mumpuni dalam hal multitasking.

Brain Road Map, Kerja Otak yang Berpengaruh pada Perbedaan Pola Pikir

Penjelasan ini merujuk pada referensi penelitian yang diunggah oleh kanal Stanford Medicine Magazine sebagai jawaban secara biologis atas pertanyaan, mengapa antara laki-laki dan perempuan memiliki kecenderungan pola pikir yang berbeda?

Profesor neurobiology dan perilaku bernama Irvine Larry Cahill, PHD mengungkapkan bahwa fenomena perbedaan pola pikir ini disebabkan oleh fakta bahwa otak manusia merupakan organ yang berjenis kelamin dengan perbedaan anatomi (mencakup perbedaan struktur saraf dan perbedaan fungsi fisiologis yang menyertainya).

1. Perbedaan Ukuran

Otak manusia memiliki beberapa bagian yang disesuaikan dengan fungsinya. Otak laki-laki memiliki ukuran lebih besar daripada otak perempuan. Amigdala laki-laki lebih besar daripada amigdala perempuan, hal ini berdampak pada kekuatan laki-laki dalam hal pengalaman emosi dan ingatan. Sementara itu, perempuan memiliki hippocampus yang lebih kuat dalam fungsi belajar dan menghafal dari milik laki-laki.

2. Koordinasi Otak

Koordnasi
info gambar

Penelitian yang mengambil sampel 428 otak laki-laki dan 521 remaja peremuan oleh peneliti dari University of Pennsylvania pada 2014 menghasilkan temuan atas kerja koordinasi otak. Pada laki-laki koordinasi aktivitas diatur pada bagian otak lokal, sedangkan pada perempuan terkoordinasi pada bagian antara belahan otak.

Baca juga: Arti dan Fungsi 3 Huruf Singkatan dalam Kode Bandara, Sudah Tahu?

3. Perbedaan Ketebalan Korteks

Study oleh JAMA Psychiatry pada tahun 2017 mencitrakan otak dari 98 sampel dengan usia 8-22 tahun dengan keadaan gangguan autism dan 98 subjek kontrol. Hasil menunjukkan laki-laki dan perempuan memiliki variasi ketebalan korteks yang berbeda.

Penyebab Perbedaan Otak antara Laki-laki dan Perempuan

1. Hormon Steroid Seks

Perempuan (mamalia betina) dan laki-laki memiliki kecenderungan support hormone yang berbeda. Perempuan memiliki aditif utama berupa kumpulan molekul yang disebut estrogen dan progesterone. Sedangkan laki-laki memiliki aditif utama berupa testosterone dan androgen.

2. Kromosom Seks

Kromosom
info gambar

Secara umum, perempuan memiliki dua kromosom X berpasangan, sedangkan laki-laki memiliki satu kromosom X dan satu Y. Gen pada kromosom Y bertanggung jawab atas kaskade peristiwa perkembangan yang menyebabkan tubuh dan otak mengambil karakteristik laki-laki. Beberapa gen lain pada kromosom Y mungkin terlibat dalam fisiologi dan kognisi otak. Setiap sel dalam tubuh laki-laki (termasuk otaknya) memiliki kumpulan gen kromosom seks yang berfungsi sedikit berbeda dari gen yang bekerja pada perempuan.

Baca juga: Melalui PYCH, Anak Muda Papua Ciptakan Merek Laptop dan HP Sendiri

Perbedaan Pola Pikir yang Berpengaruh pada Keterampilan

Halpern seorang Professor emerita psikologi di Claremont McKenna College berdasarkan keterangan dari Stanford Medicine Magazine, menyatakan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki keunggulan yang berbeda dalam beraktivitas.

Perempuan cenderung unggul dalam kemampuan verbal (kecuali analogi verbal), pemahaman membaca dan kemampuan menulis, tes koordinasi motoric halus, kecepatan dalam memahami, hingga mahir dalam mengambil informasi dari memori jangka panjang. Sedangkan laki-laki cenderung unggul dalam hal inovasi, keterampilan visual spasial, memvisualisasikan bentuk dalam dua taau tiga dimensi yang rumit, menentuksn sudut dengan tepat dari horizontal, melacak objek bergerak, hingga mengarahkan proyektil.

Bagaimana menurut Kawan? Dari pembentukan otak yang detail dan rumit ini, kita dapat mengambil hikmah akan keluarbiasaan Tuhan dalam memfasilitasi manusia. Otak menjadi sumber pemikiran akan segala sesuatu, mereferensikan suatu hal sebelum memulai aktivitas. Bila otak bermasalah maka ketidakseimbangan pun mudah terjadi. Jadi, mari kita jaga kesehatan otak kita dengan baik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini