Ivar Jenner dan Rafael Struick, Darah Muda yang Akan Jadi Tenaga Baru Timnas Indonesia

Ivar Jenner dan Rafael Struick, Darah Muda yang Akan Jadi Tenaga Baru Timnas Indonesia
info gambar utama

Timnas Indonesia akan punya tenaga baru dari hadirnya Ivar Jenner dan Rafael Struick. Keduanya baru saja resmi menjadi WNI.

Jenner dan Struick adalah pesepak bola yang mendapatkan status WNI alias Warga Negara Indonesia setelah menjalani proses naturalisasi. Keduanya telah menjalani pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Senin (22/5/2023) lalu.

Dengan disandangnya status WNI, Jenner dan Struick pun segera dapat membela Timnas Indonesia. Sebelumnya, mereka berstatus warga negara Belanda sehingga kini PSSI masih perlu menuntaskan proses perpindahan keduanya dari Federasi Sepakbola Belanda (KNVB).

Jenner dan Struick memang diproyeksikan untuk bisa berseragam Timnas Indonesia. Diharapkan, keduanya dapat berbagi ilmu dan pengalamannya berhubung mereka menjalani karier sepak bola di Belanda. Di samping itu, persaingan di internal Timnas Indonesia diharapkan bisa menjadi lebih kompetitif.

Keduanya pun sama-sama antusias dalam menyambut lembaran baru dalam karier sepak bola mereka bersama Timnas Indonesia.

"Ini adalah hari yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia. Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini, tetapi saya sangat senang. Terima kasih banyak. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan," kata Jenner seperti dilansir laman resmi PSSI.

"Saya hanya mau ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, sama seperti Ivar, saya sudah tidak sabar juga untuk melakukan pemusatan latihan bersama timnas Indonesia," ujar Struick.

Dengan Tangan Dingin Indra Sjafri, Timnas Usia Muda Indonesia Memetik Sederet Prestasi

Kekuatan Tambahan

Kedatangan Jenner dan Struick tentu saja bakal menguntungkan Timnas Indonesia. Sebab, mereka akan menambah kekuatan Garuda dengan kualitas permainan yang terasah di Eropa. Pelatih Shin Tae-yong pun bakal punya opsi baru dalam menyusun komposisi pemain.

Jenner dapat menambah kekuatan di lini tengah. Pemain berusia 19 tahun milik klub Jong FC Utrecht itu memiliki posisi utama sebagai gelandang tengah dan juga bisa dipasang sebagai gelandang bertahan.

Selama ini, Timnas Indonesia biasa mengandalkan Marc Klok dan Syahrian Abimanyu sebagai opsi untuk mengisi pos gelandang tengah. Ricky Kambuaya yang posisi utamanya gelandang serang pun bisa ditarik sedikit mundur untuk menempati posisi tersebut.

Sementara itu, Struick yang berposisi penyerang bisa diandalkan untuk menambah ketajaman lini depan. Kehadiran pemain klub ADO Den Haag itu menjadi penting lantaran dalam beberapa tahun terakhir ini tidak banyak penyerang Indonesia yang benar-benar punya kemampuan mumpuni.

Saat ini, Timnas Indonesia juga punya penyerang muda yang bertenaga, yakni Ramadhan Sananta dan Marselino Ferdinan. Kehadiran Struick akan menambah stok juru gedor belia Garuda.

Timnas Indonesia Masuk Grup Maut, Tantangan Besar Menanti di Piala Asia 2023



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini