Jadi Kebun Raya Terbaik Nasional, Ada Apa di Kebun Raya Indrokilo Boyolali?

Jadi Kebun Raya Terbaik Nasional, Ada Apa di Kebun Raya Indrokilo Boyolali?
info gambar utama

Kebun Raya Indrokilo baru-baru ini diberi penghargaan sebagai kebun raya terbaik nasional. Ada apa saja di sana?

Bicara soal kebun raya, mungkin yang pertama terlintas di kepala adalah Kebun Raya Bogor. Maklum saja, Kebun Raya Bogor memang sangat bersejarah dan terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang populer.

Jangan lupa bahwa selain Kebun Raya Bogor, masih banyak kebun raya lain di Indonesia. Salah satunya adakah Kebun Raya Indrokilo yang terletak di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Meski mungkin belum begitu terkenal, Kebun Raya Indrokilo tak kalah ciamik dibandingkan kebun raya lain. Bahkan, kebun raya satu ini mampu mendapat gelar sebagai kebun raya terbaik Nasional.

5 Taman Kota di Jakarta untuk Refresh Pikiran di Akhir Pekan

Mengenal Kebun Raya Indrokilo

Lokasi persis Kebun Raya Indrokilo adalah di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Dengan luas mencapai 8,9 hektare, kebun raya ini mengusung tema “Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur”.

Sebagai kebun raya, tentu saja Kebun Raya Indrokilo punya banyak koleksi tanaman. Dalam situs resminya, Kebun Raya Indrokilo mencatat adanya beberapa kategori tanaman yang menjadi koleksi di sana. Tanaman tersebut terdiri dari tanaman konservasi, tanaman sumbangan tamu kehormatan, tanaman hias, tanaman obat tanaman buah lokal, dan tanaman pangkas. Total, ada 1683 spesimen dari 368 spesies tanaman yang dikoleksi Kebun Raya Indrokilo.

Sebagai tempat wisata, Kebun Raya Indrokilo tidak sekedar menyajikan koleksi tanaman, namun juga ada fasilitas lain. Di sana, pengunjung bisa menikmati berjalan-jalan di spot-spot unik, di mana salah satunya adalah replika kapal Nabi Nuh yang dilengkapi dengan patung aneka jenis hewan yang berpasangan. Selain itu, ada pula taman-taman yang bisa menjadi tempat pengunjung melepas penat.

Sementara itu, predikat kebun raya terbaik nasional didapat dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Megawati Sukarnoputri, dalam acara Temu Pengelola Kebun Raya Indonesia, BRIDA dan Alumni Kalpataru, di Kebun Raya Bogor, Rabu (17/5).

"Hal ini, berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Boyolali mulai dari diinisiasi hingga dibangun sangat berpengaruh terhadap kebun raya ini," ujar Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Kebun Raya Indrokilo Lilik Triwahyuni seperti dilansir ANTARA.

Pemerintah daerah setempat memang sangat memperhatikan Kebun Raya Indrokilo. Sejak kebun raya itu diinisiasi, pemerintah selalu mendukung hadirnya Kebun Raya Indrokilo.

Tertarik mengunjungi Kebun Raya Indrokilo? Perlu diketahui, kebun raya ini buka pada hari Selasa sampai Minggu pukul 08.00-16.00 WIB.

3 Taman Nasional Indonesia yang Jadi Warisan Dunia, Kapan Kamu Kesana?



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini