Sejarah Singkat Soal Ciracas, Jakarta Timur

Sejarah Singkat Soal Ciracas, Jakarta Timur
info gambar utama

Apakah Kawan mengenal daerah Ciracas? Bagi warga Jakarta Timur, kemungkinan besar telah mengenal daerah ini. Ternyata, Ciracas memiliki sejarah yang bisa Kawan ketahui.

Perlu diketahui, Ciracas merupakan daerah tingkat kecamatan yang terletak di Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Ciracas dikenal dengan beberapa kuliner jalanan dan pasar umum yang menjadi incaran warga sekitar.

Sejarah Singkat Ciracas

Diketahui, Ciracas menjadi wilayah kecamatan di Jakarta Timur pada 1991. Waktu itu, Ciracas merupakan bagian dari Kecamatan Pasar Rebo yang memang merupakan kecamatan luas di daerah Jakarta Timur. Sebab, terdapat 5 kelurahan kala itu yang masuk dalam daerah kecamatan ini, seperti Kelurahan Ciracas, Kelurahan Susukan, Kelurahan Kampung Rambutan, Kelurahan Kelapa Dua, dan Kelurahan Cibubur.

Daerah-daerah tersebut dulu dihuni oleh mayoritas Betawi. Lalu, seiring terjadinya urbanisasi, daerah-daerah itu diisi oleh golongan pendatang dari Sunda, Jawa, dan Batak. Lalu, mengapa nama Ciracas ditulis sebagai kecamatan?

Baca juga: Kereta Cepat Hanya Butuh 1 Jam dari Jakarta ke Bandung, Belum Pakai Kecepatan Maksimum!

Kemungkinan besar Ciracas diambil dari sungai kecil. Ada cerita rakyat yang diyakini oleh warga Ciracas merupakan sejarah terbentuknya Ciracas. Salah satunya kisah Mak Kopi.

Ada wanita yang berdarah Cina menikah dengan pemuda Betawi keturunan Demak. Wanita tersebut hobi meminum kopi dan sering menjadi minuman utamanya. Hal itulah membuat ia sering dijuluki Mak Kopi.

Ketika ia lahir seorang putra, anaknya diberi nama si Kopi. Konon katanya, Mak Kopi bisa hidup hingga 150 tahun.

Berasal dari Anak Kali di Cipinang

Dilansir dari wikipedia.org,nama Ciracas berasal dari anak kali di Cipinang. Nama anak kali tersebut, yakni Ciracas. Diketahui, Kali Ciracas menyusuri dua kelurahan di kecamatan Ciracas, khususnya Kelurahan Rambutan dan Kelurahan Ciracas.

Pada Hindia Belanda, daerah Ciracas menjadi bagian administratif dari Meester Cornelis. Pada 1950-an, Ciracas pernah menjadi bagian dari Kabupaten Jatinegara, lalu Kawedanan Kramat Jati.

Baca juga: Jakarta Bhayangkari Presisi Ciamik di AVC Cup, Indonesia Jadi Jagoan Voli Tingkat Asia!

Tempat Nongkrong di Ciracas, Jakarta Timur

Setelah membahas sejarah singkat, Kawan penasaran dengan tempat-tempat nongkrong yang cocok bagi pemuda. Perlu diketahui, warga Ciracas sering menjadikan tempat-tempat ini sebagai lokasi pertemuan bersama teman atau keluarga. Adapun tempat-tempat nongkrong di Ciracas:

1. Dekade Coffee & Eatery

Dekade Coffee & Eatery
Dekade Coffee & Eatery. | Sumber: yummyadvisor.id

Tempat nongkrong satu ini menjadi lokasi favorit untuk nongkrong bagi warga Ciracas dan sekitarnya. Diketahui, lokasi kafe ini berada di Lingkar Luar Selatan No Kav.5, Ciracas, Jakarta Timur.

Kawan bisa mengunjunginya sekitar jam 7.00 - 21.00 (Senin-Jumat). Kawan juga bisa mengunjungi pada weekend, yakni 10.00 - 20.00 (Sabtu dan Minggu). Dengan interior minimalis ala jejepangan, Kawan bisa menikmati suasana hening dalam kafe ini. Tentunya tersedia parkiran luas untuk Kawan yang membawa kendaraan pribadi.

2. Epilog Kopi

Tempat nongkrong selanjutnya adalah Epilog Kopi. Kawan bisa mengunjungi kafe ini di Jalan Apel No.64, Ciracas, Jakarta Timur. Tenang, kafe ini buka setiap hari pada 12.00 - 23.00 WIB.

Dengan racikan barista dan pemasak yang profesional, Kawan akan disajikan beberapa menu yang enak. Ditambah, interior abu-abu dan coklat yang menambah nuansa menenangkan.

3. Foresthree Coffee

Salah satu tempat favorit bagi warga Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas. Kawan bisa menikmati kopi di sini dari Senin sampai Kamis, pukul 10.00 - 22.00 WIB. Kawan juga bisa menikmati sajian menu lain, seperti kue dan biskuit.

Baca juga: Jakarta Smart City: Titik Terang Masa Depan Transformasi Digital Pelayanan Publik Indonesia

4. Wiken Point

Jika Kawan ingin menikmati kopi di rooftop, maka Kawan bisa mengunjungi Wiken Point. Untuk lokasinya, Kawan bisa mengunjungi tempat ini di Jalan Raya Kelapa Dua Wetan No.9D, Ciracas, Jakarta Timur.

Jam operasional di sini menyesuaikan dengan aktivitas generasi muda, yakni Senin hingga Rabu dan Jumat-Minggu pada 16.00 - 00.00 WIB. Dengan nuansa kafe outdoor dan ada ruangan indoor yang minimalis, Wiken Point cocok untuk pertemuan dengan teman atau keluarga.

Itulah beberapa hal tentang sejarah singkat dan tempat nongkrong di Ciracas. Apakah Kawan ingin mengunjungi kecamatan ini?

Referensi: wisatalombok.co.id | wikipedia.org | bisnis.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini