Sudahkah Tidur Berkualitas? Kenali Ciri-Cirinya!

Sudahkah Tidur Berkualitas? Kenali Ciri-Cirinya!
info gambar utama

Kualitas tidur yang baik memungkinkan Kawan untuk terbangun dengan segar, suasana hati yang baik, dan tenaga untuk menjalankan berbagai kegiatan. Dilansir dari cnnindonesia.com, tidur berkualitas dapat berpengaruh pada pemulihan fisik, keseimbangan emosional, fungsi kognitif yang optimal, pengaturan berat badan, kinerja dan produktivtas, hingga sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, tidur berkualitas sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Namun, bagaimana Kawan dapat menilai apakah tidur sudah berkualitas atau belum?

Baca juga:Sering Buka Handphone Saat Bangun Tidur? Ini Dampaknya!

Bagaimana Ciri-Ciri Tidur Berkualitas?

Tidur yang Cepat Terlelap

Jika Kawan dapat tertidur dengan cepat dalam waktu sekitar 15-20 menit setelah berbaring di tempat tidur, itu merupakan tanda bahwa tidur Kawan berkualitas. Kesulitan untuk tertidur bisa menjadi indikasi adanya masalah tidur.

Tidur Tanpa Gangguan

Tidur berkualitas ditandai dengan kontinuitas tidur yang baik tanpa gangguan yang sering terjaga di tengah malam. Jika Kawan bisa tidur sepanjang malam tanpa terbangun secara teratur, itu adalah tanda tidur yang berkualitas.

Durasi Tidur yang Optimal

Tidur berkualitas mencakup durasi tidur yang memadai. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malamnya. Jika Kawan bisa tidur dalam rentang waktu ini dan merasa segar dan bugar saat bangun, itu menunjukkan tidur yang berkualitas.

Tidur Tanpa Mimpi Buruk yang Terus-Menerus

Tidur yang baik juga berarti tidur tanpa terganggu oleh mimpi buruk yang sering terjadi. Jika Kawanjarang atau tidak pernah mengalami mimpi buruk yang mengganggu tidur Kawan, itu menunjukkan tidur yang lebih baik.

Ilustrasi Kualitas Tidur | Foto: Halodoc
info gambar

Bangun dengan Energi

Salah satu tanda tidur berkualitas adalah saat Kawan bangun di pagi hari dengan energi dan semangat yang baik. Jika Kawan merasa segar dan siap menghadapi hari, itu menunjukkan bahwa tidur Kawan memberikan istirahat yang memadai bagi tubuh dan pikiran Kawan.

Baca juga:Sering Bergadang? Ini 5 Cara Ampuh Perbaiki Jam Tidur

Tidur yang Tidak Terlalu Gelisah

Tidur berkualitas mencakup tidur yang relatif tanpa gerakan yang gelisah atau perubahan posisi yang terlalu sering. Jika Kawan dapat tidur nyenyak dengan posisi yang nyaman selama sebagian besar malam, itu adalah tanda tidur yang lebih berkualitas.

Bangun Tidur Tanpa Merasa Lelah

Setelah tidur yang berkualitas, Kawan akan bangun tanpa merasa lelah atau mengantuk yang berlebihan. Jika Kawan merasa segar dan siap memulai hari tanpa kantuk berkepanjangan, itu menandakan tidur yang memadai.

Adapun, terdapat beberapa tips untuk mencapai tidur yang berkualitas yang dapat Kawan coba. Seperti menetapkan jadwal tidur yang konsisten, menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, membatasi paparan sinar biru, menghindari konsumsi stimulan, melakukan aktivitas relaksasi, menghindari tidur siang yang terlalu lama, rutin berolahraga, dan memperhatikan pola makan.

Selanjutnya, Kawan bisa memantau kualitas tidur dengan beberapa cara. Diwartakan dari jpnn.com, ada beberapa cara seperti memonitor kualitas tidur, mengamati pergerakan posisi tidur, memantau pernapasan saat tidur, hingga mengukur saturasi oksigen pada darah.

Baca juga: Mengapa Selalu Ada Tumpeng di Setiap Acara Syukuran?

Dalam rangka menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan, penting untuk memberikan perhatian yang cukup pada tidur berkualitas dan memprioritaskannya sebagai bagian penting dari rutinitas harian kita. Perlu diingat bahwa tanda-tanda ini dapat bervariasi antara individu, dan penting untuk memperhatikan pola tidur dan perasaan Kawan setelah tidur untuk mengevaluasi kualitas tidur Kawan secara pribadi.

Jika Kawan memiliki masalah tidur yang serius atau berkepanjangan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli tidur. Mereka dapat membantu mendiagnosis dan merancang rencana pengobatan yang sesuai.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SC
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini