Olahan Lezat Chia Seed, Diet jadi Happy

Olahan Lezat Chia Seed, Diet jadi Happy
info gambar utama

Halo Kawan GNFI! Tahukah Kawan, chia seed merupakan bahan makanan yang sarat akan manfaat, lo? Mengutip dari laman HEALTHYSD.GOV, chia seed atau biji chia ini merupakan biji dari tanaman gurun bernama Salvia hispanica yang masih berkerabat dengan jenis tanaman mint. Tanaman Salvia hispanica dipercaya berasal dari Amerika Tengah dengan olahan biji chia untuk makanan pokok diet suku Aztec kuno. Wah ternyata sudah dikenal dari zaman dahulu, ya.

Perbedaan chia seed dan biji selasih

Bentuk chia seed yang berupa biji kecil berwarna hitam ini mirip dengan biji selasih. Meski mirip, keduanya berbeda lho, Kawan. Melansir ari kanal SehatQada beberapa indikasi kategori perbedaan antara chia seed dan biji selasih. Perbedaan tersebut antaar lain: chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica, sedangkan biji selasih berasal dari daun selasih atau basil.

Perbedaan dari aspek warna yaitu chia seed memiliki warna coklat kehitaman bercampur dengan krem, sedangkan biji selasih memiliki warna hitam pekat. Chia seed dapat dikonsumsi langsung tanpa diolah, sedangkan biji selasih perlu direndam dahulu. Chia seed memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dari biji selasih. Biji selasih memiliki kandungan nutrisi antara lain: serat dan vitamin K yang tinggi.

Baca juga: Mengenal Produk White Label untuk Sukseskan UMKM

Manfaat Chia Seed

Olahan Chia Seed Foto: Ekologiskt_Skafferi
info gambar

Chia seed dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan informasi dari Healthline, beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Tingginya Kandungan Nutrisi

Berikut rincian kandungan nutrisi dalam chia seed: kalori: 138, protein: 4,7 gram, lemak: 8,7 gram, asam alfa-linolenat (ALA): 5 gram, karbohidrat: 11,9 gram, serat: 9,8 gram, kalsium: 14% dari Nilai Harian (DV), zat besi: 12 % dari DV, magnesium: 23% dari DV, fosfor: 20% dari DV, seng: 12% dari DV, vitamin B1 (tiamin): 15% dari DV, vitamin B3 (niacin): 16% dari DV DV

2. Mendukung Penuruanan Berat Badan

Serat dan protein yang terkandung dalam chia seed membantu menurunkan berat badan. Serat membantu tubuh untuk kenyang lebih lama.

Baca juga: Desa Kemuning, Destinasi Wisata Karanganyar yang Indah

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tingginya serat dan omega-3 di chia seed membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kolestrol jahat (LDL).

4. Memiliki Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Tulang

Beberapa kandungan baik dalam chia seed yang dapat support kekuatan dan kesehatan tulang antara lain: kalsium, fosfor, dan magnesium.

5. Mudah Diolah untuk Mendukung Diet

Chia seed termasuk bahan makanan tinggi nutrisi dengan kemudahan dalam mengolahnya. Kawan tidak perlu kesulitan dalam menggiling, memasak, atau menyiapkannya, sebab chia seed dapat dikonsumsi secara langsung.

Berapa Banyak Konsumsi Chia Seed Per Hari?

Takaran konsumsi chia seed Foto: Pixabay/ ulleo
info gambar

Berdasarkan informasi dari Healthline, rekomendasi takaran untuk mengonsumsi chia seed yaitu 0,7 ons (20 gram atau sekitar 1,5 sendok makan) dua kali sehari. Sebagai catatan, minum air yang cukup sebagai upaya pencegahan efek pencernaan.

Olahan Lezat Chia Seed

Laman Mayo Clinic Health System menyajikan dua resep olahan lezat chia seed, antara lain:

1. Puding biji chia cokelat (overnight)

Serves: 4 orang

Bahan:

1½ cangkir susu almond

⅓ cangkir biji chia

¼ cangkir bubuk kakao tanpa pemanis

4 sendok makan sirup maple

½ sendok teh bubuk kayu manis (opsional)

½ sendok teh ekstrak vanila

Langkah:

  1. Tambahkan semua bahan kecuali biji chia ke dalam mangkuk pencampur dan kocok kuat-kuat agar tercampur. Campurkan biji chia hingga tercampur rata.
  2. Biarkan istirahat tertutup di lemari es semalaman. Puding dapat disimpan tertutup di lemari es selama 2-3 hari.
  3. Sajikan dingin dengan topping yang diinginkan, seperti buah atau sesendok topping kocok.

Informasi nutrisi per sajian: 165 kalori, 8 gram lemak, 1 gram lemak jenuh, 75 miligram sodium, 25 gram karbohidrat, 9 gram serat, 4 gram protein.

Baca juga: Bakal Jadi IKN, 7 Rekomendasi Wisata di Kalimantan Timur

2. Kue wortel gandum (overnight)

Serves: 1 orang

Bahan

½ cangkir gandum gulung

⅔ cangkir susu skim

⅓ cangkir yogurt tanpa lemak

¼ cangkir wortel parut halus

1½ sendok teh biji chia

2 sendok teh sirup maple

½ sendok teh kayu manis

½ sendok teh ekstrak vanila

1 sendok makan pecan, cincang

1 sendok makan kelapa parut, tanpa pemanis

Langkah:

  1. Campur semua bahan, kecuali pecan dan kelapa, dalam mangkuk atau stoples.
  2. Taburi dengan pecan dan kelapa, dan tutupi dengan penutup.
  3. Dinginkan semalaman dan makan dingin.

Informasi nutrisi per sajian: 395 kalori, 12 gram lemak, 3 gram lemak jenuh, 135 miligram sodium, 55 gram karbohidrat, 9 gram serat, 21 gram protein, 100% nilai harian vitamin D, 36% nilai harian kalsium. Oatmeal ini sarat dengan kalsium, protein, serat, dan vitamin A. Jumlah wortel dalam resep ini menyediakan 100% vitamin A yang baik untuk mata dan sistem kekebalan tubuh Kawan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini