Setelah Shin Tae-yong, Satu Lagi Pelatih Jebolan Piala Dunia Akan Gabung Timnas Indonesia?

Setelah Shin Tae-yong, Satu Lagi Pelatih Jebolan Piala Dunia Akan Gabung Timnas Indonesia?
info gambar utama

Belakangan ini, beredar kabar bahwa akan ada pelatih jebolan Piala Dunia yang akan gabung Timnas Indonesia, yakni Akira Nishino.

Menariknya, kabar akan bergabungnya Akira Nishino tidak berawal dari pemangku kebijakan maupun publik sepak bola Indonesia, melainkan media Thailand. Adalah portal Thairath.co.th yang mempublikasikan kabar tersebut.

Kabar dari Thailand itu menerangkan bahwa Akira Nishino menuju Timnas Indonesia bukan untuk menjadi pelatih, melainkan direktur teknik.

"Ada laporam bahwa Akira Nishino, mantan pelatih Timnas Thailand, akan menduduki kursi Direktur Teknik di PSSI yang baru," demikian petikan berita Thairath.co.th tersebut.

Kabar tersebut muncul menyusul resmi dijalinnya kerja sama antara PSSI dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA). Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden JFA Tashima Kohzo menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) mengenai kerja sama tersebut di Prince Takamado Memorial JFA YUME Field, Chiba, Jepang, Senin (22/5).

Disepakati ada tiga poin dalam kerja sama antara PSSI dan JFA. Ketiga poin tersebut yakni pengembangan tim sepak bola putri, benchmarking manajemen tim nasional, serta perwasitan.

Selama ini, posisi Direktur Teknik Timnas Indonesia sendiri ditempati Indra Sjafri. Namun, Indra diberi tugas melatih Timnas U-22 atau U-23 Indonesia sehingga posisi direktur teknik akan lowong.

Ivar Jenner dan Rafael Struick, Darah Muda yang Akan Jadi Tenaga Baru Timnas Indonesia

Jebolan Piala Dunia

Akira Nishino adalah pelatih asal Jepang yang punya jam terbang tinggi. Bukan kaleng-kaleng, ia juga punya pengalaman melatih tim di ajang sekelas Piala Dunia.

Akira Nishino telah melatih sejak tahun 1991. Saat itu, ia membesut Timnas U-20 Jepang dan kemudian diberi tugas melatih Timnas U-23 Jepang pada 1994 hingga 1996.

Selepas membesut timnas kelompok usia Jepang, pelatih berusia 68 tahun itu mengalihkan kariernya ke klub. Dalam rentang 1998 hingga 2015, ia pernah melatih empat klub Liga Jepang, yakni Kashiwa Reysol, Gamba Osaka, Vissel Kobe, dan Nagoya Grampus.

Pada 2018, Akira Nishino dipercaya melatih Timnas Jepang level senior. Di tahap ini, ia mengawal timnya berlaga di Piala Dunia 2018 dan melaju hingga perdelapan final. Tak lama melatih Jepang, Akira Nishino beralih melatih Timnas Thailand senior dan U-23 pada 2019 hingga 2021.

Jika benar-benar bergabung dengan Timnas Indonesia, Akira Nishino akan menjadi figur pelatih jebolan Piala Dunia kedua yang dimiliki Indonesia. Sebab, saat ini Timnas Indonesia punya Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala tim senior yang juga merupakan alumni Piala Dunia 2018 bersama Timnas Korea Selatan.

Timnas Argentina Datang, Siap-siap Menyaksikan Aksi Lionel Messi cs di Jakarta!



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini