Berhasrat ke Piala Asia U-23 2024, Tantangan Ini Telah Menanti Timnas U-23 Indonesia

Berhasrat ke Piala Asia U-23 2024, Tantangan Ini Telah Menanti Timnas U-23 Indonesia
info gambar utama

Timnas U-23 Indonesia membidik satu tempat di Piala Asia U-23 2024. Tantangan di babak kualifikasi pun telah menanti.

Timnas U-23 Indonesia kini dihadapkan sebuah agenda penting, yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Jika bisa lolos, maka Indonesia akan menjadi satu dari 16 negara Asia yang terpilih untuk tampil di putaran final.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dijadwalkan digelar pada 6 sampai 12 September 2023. Total, ada 43 tim yang ikut serta, termasuk Qatar yang tetap ikut berlaga di kualifikasi meski sudah dipastikan bakal tampil di putaran final karena statusnya sebagai tuan rumah turnamen.

Ke-43 tim dibagi ke dalam sebelas grup, di mana sepuluh grup berisi empat tim dan satu grup berisi tiga tim. Penentuan tim yang mengisi masing-masing grup sudah ditentukan lewat undian yang dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (25/5/2023).

Hasil undian menempatkan Indonesia di Grup K. Grup ini adalah grup yang hanya berisi tiga tim. Selain Indonesia, dua tim lainnya yakni Turkmenistan dan Taiwan.

Kendati tampak ada peluang besar untuk lolos karena hanya dua pesaing, Indonesia tetap tak boleh lengah. Kekuatan Turkmenistan dan Taiwan tetap menjadi tantangan yang harus dihadapi skuad Garuda Muda.

Adapun 15 tim yang lolos ke putaran final akan ditentukan lewat dua cara. Pertama, 11 tim juara grup dan kedua, 4 tim peringkat kedua terbaik. Putaran final Piala Asia U-23 2024 sendiri akan dilaksanakan di Qatar pada pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Setelah Shin Tae-yong, Satu Lagi Pelatih Jebolan Piala Dunia Akan Gabung Timnas Indonesia?

Indonesia Optimistis

Indonesia menyambut Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan optimistis. Pelatih Timnas U-23 Indonesia bahkan berdoa langsung di Masjid Nabawi, Madinah, agar tim besutannya bisa menghadapi tantangan di kualifikasi dengan baik dan lolos ke Qatar.

“Setelah selesai drawing, dari hotel saya langsung ke Masjid Nabawi untuk sholat meminta Indonesia bisa lolos ke putaran final di Qatar 2024 dan tente berprestasi di tingkat Asia nantinya. Dalam waktu dekat saya akan berdiskusi dengan semua asisten pelatih untuk mencari tahu kekuatan tim lawan (Turkmenistan dan Chinese Taipei),” ujar Indra Sjafri seperti dilansir laman resmi PSSI.

Sementara itu, optimisme juga disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia yakin karena kondisi positif sepak bola Indonesia saat ini bisa berlanjut hingga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

"Hasil undian grup kita berisi tiga negara bersama Turkmenistan dan Chinese Taipei. Karena peta persaingan sepakbola di Asia saat ini berimbang, terutama di kelompok umur, maka siapapun lawan persiapan kita harus semaksimal," kata Erick Thohir.

"Saya optimistis atmosfer sepakbola Indonesia yang sedang baik usai meraih emas SEA Games akan memberikan energi positif untuk meraih hasil terbaik sehingga bisa lolos ke putaran final," pungkasnya.

Pembagian Grup Kualifikasi Piala Asia U-23 2024:

Grup A: Yordania, Suriah, Oman, Brunei Darussalam
Grup B: Korea Selatan, Myanmar, Kirgistan, Qatar
Grup C: Vietnam, Singapura, Yaman, Guam
Grup D: Jepang, Bahrain, Palestina, Pakistan
Grup E: Uzbekistan, Iran, Hong Kong, Afghanistan
Grup F: Irak, Kuwait, Timor Leste, Makau
Grup G: Uni Emirat Arab, India, Maladewa, China
Grup H: Thailand, Malaysia, Bangladesh, Filipina
Grup I: Australia, Tajikistan, Laos, Korea Utara
Grup J: Arab Saudi, Kamboja, Lebanon, Mongolia
Grup K: Turkmenistan, Indonesia, Taiwan

Ivar Jenner dan Rafael Struick, Darah Muda yang Akan Jadi Tenaga Baru Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini