Peran JCI Indonesia Dukung SDGs Zero Waste Zero Burning Guna Hadapi Perubahan Iklim

Peran JCI Indonesia Dukung SDGs Zero Waste Zero Burning Guna Hadapi Perubahan Iklim
info gambar utama

Ada satu lagi organisasi dengan jejaring internasional di bidang lingkungan yang ikut memberi atensi besar terhadap isu perubahan iklim, yakni Junior Chamber International (JCI), dengan perwakilan JCI Indonesia di tanah air.

Sedikit informasi, JCI merupakan organisasi kepemudaan nirlaba terbesar di dunia yang bertujuan untuk menciptakan dampak positif di komunitas. Organisasi ini secara aktif terlibat dalam mendorong implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan dan berkontribusi pada perubahan positif di berbagai sektor masyarakat.

Pada Maret 2023, 17 dari 20 Negara Asia-Pasifik Menandatangani Deklarasi Junior Chamber International (JCI) untuk mendorong Netralitas Karbon, termasuk Indonesia, dalam The 3rd Global Solution Summit yang digelar di Jakarta, dihadiri pula oleh delegasi dari JCI Jepang, JCI Hongkong, dan JCI Vietnam.

Forum tersebut menjadi platform diskusi panel, informasi tentang perkembangan gerakan menuju netralitas karbon di setiap negara, dan mengeksplorasi kemungkinan kolaborasi di masa depan untuk mencapai tujuan karbon netral secara global.

Indonesia Kucurkan Investasi Rp 313 Triliun untuk Kurangi Emisi Karbon

Fokus Indonesia untuk mewujudkan prinsip karbon netral

Dalam kesempatan The 3rd Global Solution Summit, Vita Subiyakti selaku Ketua Komite Sustainable Development Goals (SDGs) JCI Indonesia, mengumumkan fokus program JCI Indonesia pada carbon neutrality diwujudkan melalui penggunaan decomposer pada sektor pertanian.

Dalam upaya mewujudkan tujuan Zero Waste Zero Burning, decomposer merupakan teknologi yang penting dalam mencapai zero waste dan mengurangi pembakaran di sektor pertanian.

Komite SDGs JCI Indonesia saat ini menyoroti pentingnya mengadopsi teknologi ini untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan menciptakan pertanian yang lebih berkelanjutan.

Melalui program ini, JCI Indonesia berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih luas tentang manfaat decomposer dalam mengelola limbah organik dan memupuk tanah secara alami.

Dengan menerapkan metode Zero Waste Zero Burning, sektor pertanian dapat mengurangi jejak karbon dan berkontribusi pada upaya global dalam mengatasi perubahan iklim.

Mengenal FOLU Net Sink 2030, Program Atasi Emisi Karbon RI yang Didukung Berbagai Negara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini