Bukit Fatu Braun, Hidden Gem di NTT yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa

Bukit Fatu Braun, Hidden Gem di NTT yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa
info gambar utama

Ingin berwisata ke Nusa Tenggara Timur? Jangan lupa menikmati keindahan Bukit Fatu Braun yang tentunya begitu luar biasa.

Nama Bukit Fatu Braun mungkin belum terlalu populer. Padahal, bukit yang berada di NTT ini sangat layak untuk dikunjungi saat berwisata karena keindahan yang dimilikinya.

Bukit Fatu Braun terletak di Amarasi Selatan, sebuah kecamatan di Kabupaten Kupang. Jika dilihat lewat peta, lokasinya berada di sebelah tenggara Kupang dan tidak jauh dari bibir pantai yang mengarah langsung ke Laut Timor.

Di Bukit Fatu Braun, pengunjung akan disuguhi pemandangan dari ketinggian bukit batu. Pada sore atau petang hari, pengunjung juga bisa melihat hamparan lampu-lampu dari bangunan di kejauhan.

Saat baru tiba, pengunjung perlu berjalan kaki untuk menuju ke puncak. Pengunjung harus menapaki tangga satu demi satu sampai ke atas.

Meski indah, namun jarak ke Bukit Fatu Braun dari Kota Kupang bisa dibilang cukup jauh, yakni lebih dari 40 km. Oleh karena itu, wisatawan harus cukup bersabar di perjalanan sebelum kesabaran itu dibayar lunas oleh cantiknya pemandangan di sana.

Jika masih penasaran dan ingin mengintip seperti apa pemandangan di Bukit Fatu Braun sebelum mendatanginya langsung, Kawan GNFI dapat mencoba melihat rekaman perjalanan sejumlah pengunjung di sana melalui YouTube. Dapat dilihat juga gambaran mengenai bagaimana perjalanan yang harus ditempuh untuk menuju ke sana.

Lodok Lingko: Sawah Jaring Laba-Laba yang Jaga Kedaulatan Petani di NTT

Fasilitas yang Tersedia

Pemerintah Kabupaten Kupang tampak sadar betul bahwa Bukit Fatu Braun sangat potensial untuk menjadi primadona wisata di daerahnya. Pemkab Kupang menaruh perhatian terhadap pengembangan Bukit Fatu Braun sebagai tempat wisata dengan menyediakan fasilitas pendukung untuk para pengunjung.

Fasilitas tersebut di antaranya adalah teropong. Dengan teropong yang ada, pengunjung bisa melihat keindahan alam secara lebih jelas.

"Pemerintah Kabupaten Kupang telah menyiapkan teropong di puncak Fatu Braun yang bisa digunakan para wisatawan untuk melihat pemandangan yang indah dari puncak bahkan jika kondisi cuaca sangat cerah pada sore atau malam bisa melihat lampu-lampu di negara tetangga di pinggiran Australia," kata Bupati Kupang, Korinus Masneno seperti dilansir ANTARA.

Selain itu, fasilitas lain yang tersedia adalah air yang bisa diminum langsung. Fasilitas ini tersedia lewat adanya alat penyaring air khusus.

"Wisatawan yang datang berkunjung ke Fatu Braun juga bisa merasakan segarnya air bersih yang bisa langsung diminum. Jangan ragu-ragu untuk langsung meminumnya sebab higienis dan teruji dan menggunakan alat penyaring dari Amerika," lanjut Korinus.

Mengenal Rosalinda Delin, Sosok yang Memadamkan Kekeliruan Budaya Panggang Api di NTT



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini