Seniman Indonesia Gelar Pameran Khusus Bareng Brand Fesyen Prancis

Seniman Indonesia Gelar Pameran Khusus Bareng Brand Fesyen Prancis
info gambar utama

Seniman Indonesia, Noviadi Angkasapura, turut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Bersama brand fesyen asal Prancis, Lemaire, seniman yang lahir di Irian Jaya ini menggelar pameran bertajuk “Jujur Sabar” di Paris, Prancis, pada 17 Mei–6 Juli 2023.

Bersumber dari laman resminya, Lemaire mendedikasikan pameran seni pertama tersebut untuk Noviadi Angkasapura. Selain itu, gambar karya Noviadi juga dikolaborasikan dengan pakaian koleksi Lemaire Spring-Summer 2023 yang ada di flagship store.

Kepada Liputan6.com, Noviadi mengungkapkan bahwa dirinya hanya mengerjakan gambar. Sementara untuk pameran, diwakilkan oleh gallery/dealer. Pada pameran bersama Lemaire, pihaknya menggandeng perwakilan galeri dari Cavin Morris Gallery di New York.

Ajakan kerja sama oleh Lemaire diterima karena salah satu hal penting, yakni proses yang mudah. Lemaire diketahui hanya akan membeli foto-foto karya sang seniman, kemudian dicetak di atas desain baju untuk fesyen.

Mengenal Sosok Seniman Kaligrafi Indonesia yang Diakui Dunia

Pertama kalinya dengan brand fesyen

Kerja sama dengan Lemaire merupakan pertama kalinya Noviadi berkolaborasi dengan brand fesyen. Kerja sama sebelumnya hanya sebatas seni gambar dengan gallery atau kolektor di beberapa negara.

Tidak asal berbisnis, tawaran kerja sama dari Lemaire tersebut juga benar-benar berupaya memadukan dunia seni gambar dan fashion.

Kesempatan untuk berkolaborasi dengan Lemaire ternyata melalui tahapan kurasi yang tepat, dimulai sejak memasukkan karya di galeri. Setiap karya yang terseleksi ke galeri akan tersimpan baik dan mudah penggunaannya, apakah untuk keperluan pameran atau fesyen.

Dalam hal ini, Lemaire disebut tidak membutuhkan waktu lama untuk kurasi lantaran mendapat karya terbak di gallery.

Punya keunikan tersendiri

Selain kontrak kolaborasi membuat produk, karya Noviadi juga akan tampil sebagai icon tunggal Pameran-Fashion-Buku bertema “Jujur Sabar” dalam soft opening gedung baru Lemaire di Elzevir-Paris.

Sebagai pusat seni dan fesyen dunia, New York dan Prancis menjadi tempat bagi beragam karya terbaik dan terunik. Termasuk Lemaire yang merupakan salah satu brand Prancis tentu memiliki kriteria tinggi hingga berminat kerja sama dengan seniman Indonesia, Noviadi Angkasapura.

Sementara itu, sang seniman, Noviadi mengungkapkan kunci kekuatan karyanya terletak pada karya original, baru, berbeda, dan tidak asal mengikuti semua tren yang ada. Menurutnya, karya seni yang dihasilkan cukup untuk berbicara sendiri atas keberadaan mereka di tengah pusat seni dan mode dunia.

Kilas Balik Jejak Kejayaan Seniman Poster Film Bioskop Indonesia di Tahun 1980-an

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini