Stasiun Manggarai Membeludak, Perjalanan KRL Feeder Siap Diluncurkan

Stasiun Manggarai Membeludak, Perjalanan KRL Feeder Siap Diluncurkan
info gambar utama

PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI/KAI Commuter) menambah KRL berupa feeder untuk mengurai kepadatan penumpang yang transit di Stasiun Manggarai. Adapun feeder yang ditambahkan adalah untuk 15–17 perjalanan.

Dilansir dari CNBC Indonesia, VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan feeder-feeder tersebut akan diberangkatkan dari Stasiun Duri menuju Stasiun Manggarai.

Seperti diketahui, hingga Mei 2023 tercatat jumlah penumpang yang transit di stasuun Manggarai mencapai 21 juta orang. Setiap harinya, stasiun KRL tersibuk ini menampung 150–200 ribu penumpang.

Dengan demikian, penambahan feeder dilakukan sebagai langkah strategis untuk mengantisipasi membludaknya penumpang. PT KAI Commuter diketahui juga telah menyiapkan sejumlah tangga alternatif untuk menuju peron 5,6,7, dan 8 agar tidak terjadi penumpukan penumpang di area tengah stasiun.

Di sisi lain, pihaknya menargetkan pembangunan peron 3 dan 4 Stasiun Manggarai dapat selesai pada satu hingga dua bulan ke depan. Pembangunan kedua peron ini akan memperluas area transit di Stasiun Manggarai.

Stasiun Manggarai, Bernilai Historis Hingga Menjadi Stasiun Tersibuk di Indonesia

Disesuaikan dengan Gapeka 2023

Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 akan mulai berlaku pada 1 Juni 2023. Pola operasional, jumlah perjalanan, dan jadwal keberangkatan kereta pun akan disesuaikan. Tidak terkecuali pada kereta commuter.

Perubahan grafik perjalanan kereta tersebut harus dijalankan di 2023, tidak terkecuali untuk kereta commuter. Dalam hal ini, KAI Commuter akan menambah frekuensi perjalanan di lintas pelayanan yang ramai penumpang, hingga menambah kecepatan waktu tempuh perjalanan.

Gapeka 2023 yang mulai efektif pada 1 Juni 2023 mendatang memang dipengaruhi dengan adanya pengembangan prasarana yang dilakukan pemerintah melalui Kemenhub sehingga ada beberapa lintas yang sudah dipersingkat waktu tunggunya.

PT KCI menyampaikan perjalanan KRL Jabodetabek per 1 Juni 2023 nanti akan dilakukan sebanyak 1.133 perjalanan dengan 98 train set atau rangkaian kereta di semua lintasan. Adapun untuk KRL lintas Tangerang-Duri kecepatannya sudah bisa mencapai 75 km/jam.

Dengana adanya Gapeka 2023, pihaknya berharap masyarakat bisa memanfaatkan commuter line untuk berbagai keperluan perjalanan yang saat ini sudah dilayani di beberapa Stasiun KRL.

Sejarah Stasiun Manggarai: Kisah di Balik Riuh Penumpang di Sentra Perkeretapiaan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini