ASEAN Para Games 2023 di Depan Mata, Indonesia Siap Bertarung demi Penuhi Target Tinggi

ASEAN Para Games 2023 di Depan Mata, Indonesia Siap Bertarung demi Penuhi Target Tinggi
info gambar utama

ASEAN Para Games 2023 telah sudah di depan mata. Waktunya para atlet disabilitas Indonesia beraksi dan menunjukkan yang terbaik.

ASEAN Para Games 2023 akan diselenggarakan di Kamboja pada 3-9 Juni mendatang. Ada 14 cabang olahraga yang dilombakan di sana.

Indonesia tentu tak ketinggalan mengirim wakilnya ke pesta olahraga bagi atlet disabilitas terbesar di Asia Tenggara itu. Seremoni pelepasan atlet pun telah dilaksanakan di Balai Kota Surakarta pada Senin (29/5) dengan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo.

Dalam sambutannya, Dito menyampaikan harapannya agar Indonesia bisa mencapai target di ASEAN Para Games 2023. Adapun target tersebut yakni menjadi juara umum dengan setidaknya meraih 121 medali emas, 92 perak, dan 84 perunggu.

"Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME Allah SWT, hari ini saya Menteri Pemuda dan Olahraga dengan resmi mengukuhkan dan melepas kontingen Indonesia yang akan bertanding, semoga Tuhan menyertai perjuangan kita bersama untuk bisa meraih juara umum," ujar Menpora Dito seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Berhasrat ke Piala Asia U-23 2024, Tantangan Ini Telah Menanti Timnas U-23 Indonesia

Sudah Siap

Kontingen Indonesia sudah menyatakan siap bertarung di ASEAN Para Games 2023. Kesiapan itu sudah dipastikan mantap baik itu secara fisik maupun mental.

Bukan hanya atlet, tim pendukung pun sudah siap. Mereka bakal membantu para atlet. memenuhi target yang dipasang.

"Kita sudah sangat siap, baik dari aspek fisik maupun mental. Ada tim pendukung yang selalu mendampingi, mulai psikolog, masseur, dokter dan tenaga pendukung lainnya dalam rangka menjaga kondisi atlet sehingga siap bertanding," ujar Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman.

Tercatat ada 500 orang anggota kontingen Indonesia yang menjalankan tugas di Kamboja. Mereka terdiri dari 268 orang atlet, 71 pelatih, 62 aspel, 13 ofisial , 29 staf medis, 21 tim CdM, 12 manager, 6 media dan dokumentasi, 9 asistensi dan monitoring.

Terkait target, Andi Herman juga optimistis. Ia menilai target yang dipasang sudah pas.

"Target itu sesuai dengan kalkulasi dan hasil latihan maupun try out selama ini. Jumlah itu lebih besar dari apa yang kita targetkan sebelumnya saat menjadi tuan rumah dengan 104 medali emas," katanya.

Sebelumnya, Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam dua gelaran ASEAN Para Games terakhir, yakni pada tahun 2017 dan 2022. Jika target di Kamboja tercapai, maka Indonesia akan punya tiga gelar juara yang diraih secara beruntun.

Dari Arena SEA Games 2023, Rahmat Erwin Abdullah Kembali Torehkan Prestasi Cemerlang



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini